Kunjungan Kerja Wali Kota Bandung Ke Sorong Papua

1
623
ppid.bandung.go.id

BANDUNG, presidentpost.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat, 4-6 Desember 2017. Keberangkatan dilakukan 4 Desember 2017 dinihari agar tidak mengganggu jam kerjanya.

Ridwan Kamil akan didampingi beberapa pejabat Kota Bandung seperti Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Hery Antasari, Kabag Kerja Sama Dodit A. Pancapana, Kabag Humas Yayan A. Brillyana, dan Kabag Umum Dadang Darmawan.

Menurut Kabag Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana, kunjungan kerja ini merupakan kunjungan balasan dan memenuhi undangan dari Pemkab Sorong. Beberapa waktu lalu, Bupati Sorong Johny KamuruĀ terlebih dahulu melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bandung.

Dalam kunjungan kerja nanti, menurut Yayan, rencananya Wali Kota Bandung bersama Bupati Sorong melakukan penandatanganan naskah kerja sama antara kedua daerah. Di sana, Ridwan Kamil juga sekaligus memberikan kuliah umum di hadapan aparatur sipil Pemkab Sorong.

“Tentu saja dalam kunjungan kerja ini harus ada bukti nyata, bukan hanya kunjungan kerja. Wali Kota Bandung dan Bupati Sorong melakukan penandatanganan naskah kerja sama kedua belah pihak. Selain itu, Wali Kota Bandung pun berbagi pengalamannya dalam memimpin Kota Bandung selama hampir empat tahun,” jelasnya. Dikutip dari pikiran-rakyat.com

Berikut adalah beberapa ruang lingkup kesepakatan bersama nanti: Pengembangan smart city dan e-government, Pengembangan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, Pengembangan sumber daya manusia, Promosi dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Industri, Perdagangan dan Investasi, Penataan ruang/wilayah dan infrastruktur perkotaan, Perencanaan Daerah, Ketahanan pangan dan pertanian, Bidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan para pihak.

Yayan juga menjelaskan bahwa Wali Kota Bandung berharap kegiatan penandatanganan naskah kerja sama tersebut bukan hanya seremonial. Diharapkan ada kontribusi langsung dalam pembangunan kedua daerah secara nyata.

“Apa yang bisa diberikan oleh Kota Bandung dan dapat dipergunakan untuk pembangunan dan kebaikan Kabupaten Sorong kita berikan. Begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Penandatangan naskah kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dan Pemkab Sorong ini merupakan penandatangan yang ke-58 bagi Pemkot Bandung pada era Ridwan Kamil. Sebelumnya, telah dilakukan hal serupa dengan sejumlah pemkab dan pemkot di Indonesia.

Yayan pun mengungkapkan bahwa yang dilakukan kedua belah Pemkot Bandung dan Pemkab Sorong tersebut merupakan bukti nyata apa yang sering didengungkan oleh Wali Kota Bandung: “Kurangi kompetisi dan perbanyak kolaborasi. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here