Gandeng Ruangguru, President University Siapkan Beasiswa Rp66 Miliar

0
235
Penandatanganan MoU antara pihak President University dengan Ruangguru Serahkan Beasiswa Rp66M ke 3.700 Siswa

JAKARTA, presidentpost.id – President University menggelar acara penandatanganan kerjasama MoU dengan perusahaan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi, Ruangguru, untuk menjangkau lebih banyak pelajar lewat seleksi online penerimaan beasiswa senilai Rp 66 miliar bagi 1.440 siswa/i  SMA dan SMK berprestasi terbaik Indonesia lulusan tahun akademik 2018/2019.

Acara penandatangan kerjasama ini dilakukan di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta (10/1). Dilakukan oleh Rektor President University Dr. Jony Haryanto dan CEO Ruangguru Adamas Belva. Dihadiri oleh Pendiri President University S.D Darmono, Ketua Yayasan Presiden Prof. Budi Susilo Soepandji dan jajarannya.

Dalam kerjasama ini, Ruangguru sebagai penyedia layanan jasa pendidikan yang sudah digunakan 6 juta pelajar di Indonesia akan menjadi penyelenggara eksklusif untuk melakukan seleksi tes online bagi calon penerima beasiswa kuliah di President University. Platform ujian online, ruangguruakan digunakan oleh para siswa kelas XII untuk memperebutkan lebih dari 150 full scholarship(beasiswa kuliah hingga tamat) dan ribuan beasiswa parsial.

S.D. Darmono dalam kesempatannya menyampaikan, “Pendidikan yang paling penting adalah pendidikan praktek, kita boleh belajar berenang sampai 10 tahun Phd tapi kalau tidak pernah berenang maka tetap saja tidak bisa berenang.”

Menurutnya pembangunan kawasan industri merupakan jawaban bagaimana para lulusan sekolah-sekolah bisa bekerja di industri. Diharapkan para pengusaha dapat juga mendukung pendidikan sehingga kesenjangan sosial dapat diatasi, dan industrialiasi di Indonesia dapat berajalan dengan baik.

“Kita ingin menggerakan pengusaha-pengusaha yang lain, karena pendidikanlah membuat Indonesia maju, yang mengurangi kesenjangan sosial, yang membuat industrialisasi di Indonesia dapat berjalan dengan baik dan demokrasi kita menjadi kuat.”

Darmono sangat bangga turut dalam mendukung pendidikan di Indonesia lewat President University dan Yayasan Presiden. Beliau berharap lewat pendidikan, generasi muda dapat memajukan  pendidikan di Indonesia.

“Saya sangat bangga Belva pernah mengecap pelajaran di SMA Presiden, lulusan batch pertama. Merekalah (Belva dan Isman) tokoh-tokoh muda Indonesia yang akan merubah lanskap pendidikan di Indonesia,” tambahnya.

Menanggapi Darmono, Belva dalam kesempatannya menyampaikan, “3 tahun saya di SMA Presiden tinggal di asrama, hal itu membentuk saya seperti ini. Dapat beasiswa sepenuhnya sampai tinggal, makan dan seragam semuanya gratis. Setelah lulus dari SMA Presiden saya dapet beasiswa di Singapura, lalu kerja di Mckinzey dan Unit Kerja Presiden. Baru dapat lagi beasiswa dual degree program  di Harvard dan Stanford, saya orang Indonesia pertama yang bisa mendapat dual degree tersebut.”

“Hal tersebut tidak akan mungkin terjadi jika bukan atas jasanya Pak Darmono dan bapak-bapak sekalian,” tambahnya.

Belva menambahkan, “Sekarang kami memiliki 400 pegawai dengan kantor di Jakarta, Jogja, Medan, Semarang dan lain-lain. Kami melakukan kemitraan dengan pemerintah daerah di 32 Provinsi dan lebih dari 300 kota dan kabupaten. Kami akan koordinasi dengan mereka bagaimana program seleksi beasiswa nasional senilai Rp66 Miliyar dari President University tersebut bisa diadakan di setiap provinsi.”

Menurutnya, tes seleksi secara online dapat membuka kesempatan ke seluruh anak di Indonesia baik yang di kota besar maupun daerah pelosok agar bisa masuk ke perguruan tinggi yang baik dan berkualitas.

Belva dalam wawancaranya menyampaikan bahwa lewat layanan online ini menjadi fasilitas bagi anak-anak yang tinggal di luar kota besar yang jauh dari toko buku, dan fasilitas pendidikan di luar sekolah bisa dapat diakses dengan mudah sehingga mimpi-mimpi besar mereka dapat terwujud.

“Asal mereka punya smartphone, asalkan mereka punya kuota internet, asalkan mereka tau ruang guru sudah bisa belajar. Kami berharap dengan adanya ini anak-anak yang punya mimpi besar tapi bukan tinggal di kota besar juga bisa meraih mimpi,” ujarnya.

Dalam seleksi online tersebut, nantinya akan tersedia jurusan yang bisa dipilih antara lain akutansi, administrasi bisnis, manajemen, teknologi informasi, sistem informasi, teknik industri, teknik mekanik, teknik elektro, teknik pembangunan, hubungan internasional, komunikasi, hukum, dan pendidikan anak usia sekolah dasar.

Pendaftaran untuk program beasiswa kuliah Ruangguru ini dibuka mulai dari 10 Januari 2018 hingga 9 Februari 2018 dan akan dilakukan dalam 4 tahap. Sedangkan, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 28 – 30 Maret 2018.

Hadir di Indonesia sejak tahun 2014, Ruangguru saat ini memiliki lebih dari 6 juta pengguna dan mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi antara lain ruangbelajar yaitu bimbel online dengan video belajar, latihan soal dan pembahasan serta rangkuman modul, ruangles  yaitu marketplace les privat, ruanglesonline yaitu layanan bimbingan belajar on-demand , ruanguji yaitu tryout ujian online dan digitalbootcamp yaitu belajar di dalam grup chat dengan tutor standby.

Untuk detail lebih lanjut, silahkan akses https://ruangguru.com/belajar dan unduh aplikasi seluler Ruangguru di Play Store, App Store.

Selama ini, Jababeka juga telah aktif mendulang beasiswa kuliah di President University dengan sistem penerimaan offline di beberapa kota pilihan.

Tentang President University

President University adalah universitas berstandar internasional yang bertempat di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Indonesia. Universitas ini dikepalai oleh Dr. Jony Oktavian Haryanto, SE, MM, MA

President University dilengkapi dengan:

  • Kurikulum Internasional- President University menerapkan kurikulum standar internasional.
  • Lingkungan Berbahasa Inggris- Semua mata kuliah disajikan dengan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswa akan dibiasakan berbicara, menulis, dan berpikir dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dewasa ini.
  • Ekstrakurikuler Mahasiswa- President University menyediakan fasilitas yang menunjang aktivitas mahasiswa sepeti President Executive ClubJababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan bola basket.
  • Komunitas Multinasional- Mahasiswa Universitas Presiden berasal dari seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara seperti Cina, Vietnam dan Laos.
  • Pengalaman Kerja- President University menyediakan program magang selama maksimum 2 semester bagi semua mahasiswa sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karier.

 

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 39 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.(TPP)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here