12 M Untuk 12 Bandros (Bandung Tour on Bus)

0
61
jabarprov.go.id

BANDUNG, presidentpost.id – 12 bus Bandros (Bandung Tour on Bus) baru diperkenalkan kepada masyarakat oleh Pemerintah Kota Bandung. Berbeda dengan 6 bus Bandros sebelumnya, 12 bus Bandros baru yang diperkenalkan kali ini anggarannya berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandung senilai Rp 12,4 milyar.

“Akhirnya kami putuskan bandros itu tidak dengan pola CSR karena lama untuk meyakinkan pihak ketiga untuk menyumbang. Tiga tahun hanya dapat enam lah,” ungkap Walikota Bandung, Ridwan Kamil, usai memperkenalkan Bandros baru di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (19/01).

Menurut Walikota, bus Bandros tersebut diperuntukkan terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Bandung dengan harapkan para wisatawan tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di Kota Bandung.

“Tapi nanti saya juga ingin agar ada satu Bandros dipinjamkan ke kecamatan, biar yang menikmati tidak hanya wisatawan, tetapi juga bisa memberi kebahagiaan untuk warga di kewilayahan. Kan semua orang juga ingin naik,” ucapnya.

Walikota menyatakan, pengelolaan 12 Bandros yang baru ini masih dipegang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) sebelum nantinya di kelola secara swakelola.

“Kelak, Dishub akan melakukan lelang untuk menentukan pengelola Bandros sehingga bisa dimanfaatkan secara lebih profesional,” katanya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Didi Ruswandi Bandros ini dijadwalkan akan beroperasi Februari mendatang karena pihaknya masih memproses kajian tarif agar tidak mengganggu angkutan kota dan Bandros sebelumnya.

“Kita akan menetapkan dua jenis tarif, yakni tarif sekali jalan dan paket seharian (One Day Pass). Tarif sekali jalan akan berkisar antara Rp 10.000-15.000, sedangkan paket seharian akan dikenakan tarif antara Rp 25.000-Rp 50.000,” tutur Didi (jabarprov/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here