Bank BRI Gandeng Kemendikbud Dalam Program Beasiswa Nusantara Cerdas Angkatan 4

0
28

JAKARTA, presidentpost.id –PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang Pendidikan. Kali ini Bank BRI menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan Program Beasiswa Nusantara Cerdas (BNC) Angkatan 4 yang diselenggarakan di Gedung A, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta (30/01). Hadir dalam acara tersebut Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto, Kepala Biro Deputi Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemdikbud RI Suharti dan Deputi Kementerian BUMN RI Hambra.

Beasiswa Nusantara Cerdas merupakan program beasiswa unggulan yang pembiayaannya berasal dari dana Bina Lingkungan BRI dan diberikan kepada mahasiswa pada jenjang Strata Satu (S1) yang berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia.

Kriteria penerimaan beasiswa tersebut adalah putra putri terbaik yang berasal dari daerah Terluar, Terpencil dan Terdepan (3T) dan memiliki keterbatasan ekonomi. Khusus untuk BNC Angkatan 4 diikuti oleh 25 mahasiswa / mahasiswi yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tanjung Pura, Universitas Hasanuddin, Universitas Mataram dan Universitas Mulawarman.

Diselenggarkan sejak tahun 2010, awalnya program ini diberi nama Beasiswa Putra Papua yang diperuntukkan bagi putra – putri unggulan Papua yang memiliki prestasi akademik terbaik. Pada tahap awal, BRI telah berhasil memberikan beasiswa kepada 11 orang putra-putri Papua yang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro.

Sementara itu, pada tahun 2011, pada BNC Angkatan 2 Bank BRI telah memberikan beasiswa kepada 32 orang mahasiswa yang berasal dari Indonesia Timur. Kali ini, BRI memberikan bantuan tidak hanya bagi mahasiswa yang berasal dari Papua, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia Timur, seperti Maluku, Maluku Utara, NTT, dan Sulawesi Utara.

Program BNC Angkatan 3 semakin diperluas, tidak hanya meliputi wilayah tertentu di Indonesia. Pada program ini BRI mengucurkan bantuan kepada 50 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas terpilih.

 

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto mengatakan, “Sejak tahun 2010 kami telah menggelar kegiatan Beasiswa Nusantara Cerdas yang diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi. Untuk tahun ini kami telah menyaring mahasiswa terpilih hingga muncul 25 nama. Bank BRI akan terus mendukung dunia pendidikan melalui berbagai program-program CSR unggulan yang memberikan dampak luas bagi masyarakat,” kata Bambang.

Dalam program BNC Angkatan 4 setiap mahasiswa akan menerima bantuan Living Cost senilai Rp. 1.800.000 per bulan, uang saku 500.000 per bulan, dan bantuan pembuatan skripsi senilai Rp. 2.000.000. Tidak hanya itu, peserta BNC juga akan menerima bantuan Laptop sebagai sarana pendidikan dan biaya pengembangan diri (capacity building), serta asuransi kesehatan dan kecelakaan dari BRI Life.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, sepanjang Januari hingga Desember 2017 lalu Bank BRI telah menyalurkan bantuan CSR / Bina Lingkungan sebesar Rp.150,3 Miliar. Adapun bantuan tersebut disalurkan ke berbagai bidang diantaranya pendidikan, sarana umum, kesehatan, bantuan sosial, sarana ibadah, pelestarian lingkungan hidup dan tanggap darurat bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Melalui penyaluran CSR / Bina Lingkungan secara berkesinambungan, Bank BRI turut serta dalam pemerataan pembangunan, pengentasan kemiskinan serta peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here