Pameran Pendidikan Taiwan Higher Education Fair I Tahun 2018 Sukses Digelar di 3 Kota

0
62
cakrawalanews.co.id

JAKARTA, presidentpost.id – Taiwan Education Center (TEC) bekerjasama dengan institusi pendidikan dalam negeri dan perguruan tinggi terkemuka di Taiwan mengadakan pameran pendidikan Taiwan Higher Education Fair 2018 digelar secara beruntun di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Semarang. Taiwan Higher Education Fair 2018 diadakan di Bandung pada Senin (5/2), di Yogyakarta pada Rabu (7/2), dan terakhir di Semarang pada Jumat (9/2).

Chairman Taiwan Education Center (TEC) Indonesia Rini Lestari, mengatakan “Sedikitnya ada 20 perguruan tinggi di Taiwan yang ikut serta dalam pameran ini. Beberapa diantaranya adalah National Taiwan University dan Tunghai University.”

Menurutnya, Taiwan Higher Education Fair 2018 menjadi sebuah implementasi nyata kebijakan baru pemerintah Taiwan yakni New Southbound Policy, dimana kebijakan ini fokus untuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Rini Lestari mengatakan di era globalisasi seperti ini bahasa Mandarin telah menjadi salah satu bahasa internasional yang dibutuhkan dalam berbagai aspek apalagi pada saat ini sangat penting sekali di negara kita, Indonesia, maka TEC juga mengadakan ujian TOCFL untuk mengetahui level kemampuan dasar bahasa Mandarin masyarakat Indonesia Indonesia yang ingin mengajukan visa belajar ke Taiwan.

“Pendidikan bahasa Mandarin di Taiwan mendapat banyak peminat dan memiliki kompetensi tinggi karena Taiwan menggunakan karakter tradisional, selain itu negara ini juga dikenal dengan kekuatan dibidang teknologi dan engineering, terutama yang berkaitan dengan semikonduktor. Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), produsen TFT-LCD, semuanya ada di Taiwan,” tambahnya.

Lebih lanjut Rini mengatakan jika penyelenggaraan Taiwan Higher Education Fair di Indonesia bertujuan menjaga kerjasama dan kemitraan yang sudah terjalin antara Indonesia dengan Taiwan di bidang pendidikan.

“TEC Indonesia Jakarta didukung dan beroperasi di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan Taiwan, FICHET, Study in Taiwan dan Tunghai University. Pendidikan di Taiwan telah diakui oleh banyak negara dan kualitas pendidikannya salah satu yang diakui terbaik di Asia,” ungkapnya.

“TEC membantu cara mendapatkan beasiswa Universitas Taiwan untuk masyarakat Indonesia sekaligus juga memberikan informasi akurat seluruh unversitas di Taiwan. Termasuk juga estimasi biaya hidup di Taiwan dan lain-lain,” tutur wanita pengusaha yang juga pernah menjadi ketua umum ICATI pusat dan ketua umum Federasi Asosiasi Alumni Taiwan Sedunia.

Dalam rangkaian acara pameran tersebut, Rini dan rombongan TEC juga berkunjung dan menandatangani kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan, seperti Universitas Maranatha dan Universitas Katholik Parahyangan di Bandung, Sekolah Nasional Tiga Bahasa Budi Utama dan SMA Budya Wacana.

Ketiga acara pameran tersebut juga dihadiri oleh CEO TEC Indonesia Willy Yanto Wijaya, Penasehat Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jawa Barat Eddy T, Ketua Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jawa Barat Judhi Irawan Leonard, Chairman Taiwan Business Club Bandung Indonesia Andy Wang, Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada I Made Andi Arsana, Ketua Delegasi Taiwan Prof. Yan Hong Wei, dan para alumni Taiwan ICATI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here