Istaka Karya Targetkan Kontrak Baru 2 Kali Lipat Dari Tahun Sebelumnya

0
222
presidentpost.id

JAKARTA, presidentpost.id – PT Istaka Karya (Persero) turus membenah diri untuk berkembang dan tumbuh sejajar dengan konstruksi pelat merah lainnya. Salah satu langkah awalnya dengan menggandeng partner baru untuk memperkuat kemampuan keuangan dalam membidik proyek infratruktur yang bernilai besar.

Perusahaan ini menargetkan kontrak baru sebesar Rp 4 triliun di tahun ini. Yang mana target untuk tahun ini, hampir dua kali lipat lebih tinggi dibanding dengan realisasi kontrak baru ditahun 2017 yang nilainya mencapai angka Rp 2,2 triliun.

Mereka berencana untuk memenuhi target, dengan lebih giat menggandeng mitra bisnis. Dengan penandatanganan kerjasama terbaru antara perusahaan milik pemerintah Republik Rakyat China, China Construction Eighth Engineering Division (CCEED) Corp. Ltd untuk meningkatkan kemampuan dalam mengincar kontrak-kontrak baru.

Yang mana nilai kontrak mencapai angka lebih dari Rp 2 triliun, di Kantor Pusat Istaka Karya, Jakarta, Senin (12/3). Melaui kerjasama starategis tersebut, kedua perusahaan akan menjajaki pengembangan sejumlah di Indonesia.

“Yang kita bidik diataranya lelang proyek pembangunan infrastruktur dengan skema availability payment (AP), khususnya jalan. Recananya pemerintah akan membangun tiga ruas jalan, di Pekanbaru, Palembang, dan Papua,” kata Widi Suharyanto, Direktur PT Istaka Karya (Persero).

Availability payment (AP) merupakan skema baru dimana investor membiayai pembangunan infrastruktur, nantinya pemerintahan akan mengembalikan menggunakan APBN yang dicicil selama 10-15 tahun.

Adapun CCEED yang menyukai jumlah penduduk indonesia yang menjanjikan potensi pasar besar, “Lewat kerjasama dengan Istaka Karya, kami ingin meraih peluang yang ada dengan kemampuan yang kami punya,” tutur Steven Li, Representatif CCEED pada kesempatan yang sama.

Setelah dengan CCEED, rencananya perusahaan plat merah ini akan menjalin kerjasama lainya dengan mitra bisnis lainnya, dan akan ada penjajakan dengan kerjasama perusahaan lokal. Yang mana kerjasama proyek nantinya masih seputar sektor infrastruktur. (TPP/Eva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here