Presiden Jokowi Bahas Kawasan Industri Cikarang hingga Pelabuhan Patimban dengan Kadin

0
252
vibizmedia.com

JAKARTA, presidentpost.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pertemuan antara menteri-menteri di bidang perekonomian bersama dengan perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Rapat ini berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (26/10) malam.

Salah satu topik yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut terkait dengan perkembangan kawasan industri yang berada di Cikarang dan Karawang yang akan terhubung dengan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Menteri Perindustrian (Menperin) Airlanggar Hartato mengatakan, pemerintah tengah membangun kawasan industri yang terhubung dengan berbagai jalur transportasi, baik lewat darat maupun melalui jalur laut.

Pergerakan barang ini juga bisa menggunakan kapal Roro untuk menghindari penumpukan kontainer. “Nah ini telah dilakukan Jepang. Semua transportasi barang jalan secara otomatis. Ini yang sedang kita pelajari,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartato dalam rapat tersebut.

Presiden Joko Widodo yang mendapat penjelasan ini kemudian beliau meminta agar ada efisiensi dalam setiap kawasan industri. Dengan mengumpulkan semua industri dalam satu kawasan maka efisiensi bisa tercapai. “Artinya semua industri dikumpulkan dalam satu (kawasan),” ujarnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartato kembali menjelaskan mengenai logistic center otomotif. Kawasan ini kemudian Hartato digabungkan dengan kawasan-kawasan lainnya yang dihubungkan kembali ke Pelabuhan Patimban. Selain itu ada juga dryport di Cikarang yang menuju pelabuhan untuk memudahkan dan memperlancar akses transportasi. (RPLK/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here