Pemprov Jawa Barat Dorong Promosi Batik

0
555
jombangkab.go.id

BANDUNG, presidentpost.idPemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar akan terus mendorong promosi batik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa menjelaskan langkah yang dilakukan salah satunya memberikan pelatihan teknik pembuatan termasuk pengemasan agar batik nusantara khususnya Jawa Barat bisa dikenal ke mancanegara.

“Kita juga memperluas promosi batik ini sehingga lebih dikenal pasar global,” kata Iwa di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Rabu (8/11).

Menurut Iwa, berbagai upaya memperluas pasar perlu dioptimalkan lagi sehingga ragam batik bordir dan tenun ini bisa dilestarikan sekaligus mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan ekonomi mikro yang bergerak di sektor ragam batik bordir dan tenun ini.

“Tentu belum optimal tetapi ke depan akan terus kita kembangkan karena batik dan model tenun ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat terutama yang usaha mikro kecil,” ungkap Iwa.

Lebih jauh Iwa menambahkan kegiatan Karnival Adhikarya Nusantara 2017 merupakan pameran terakhir di tahun ini. Dia mengapresiasi kegiatan tersebut pasalnya Maxindo Communication dan Kresna itu secara rutin menggelar beberapa event Karnival Adhikarya Nusantara. Kegiatan ini juga melibatkan 70 peserta yang berasal dari seluruh nusantara termasuk negara-negara ASEAN.

“Saya hadir pribadi sebagai bentuk apresiasi dan dukungan penuh dimana dari seluruh Indonesia hadir disini yang menampilkan ragam batik, bordir dan juga tenun yang luar biasa. Berdasarkan informasi yang datang pada pameran ini bukan hanya dari nusantara tetapi di lingkup negara ASEAN juga hadir,” papar Iwa.

Dia berharap Karnival Adhikarya Nusantara dijadikan agenda rutin setiap tahun sehinga ragam batik bordir dan tenun itu terus menggaung ditengah masyarakat yang pada akhirnya program pemerintah untuk melestarikan dan juga meningkatkan pemberdayaan ekonomi di sektor ragam batik dan juga tenun ini bisa tercapai dengan baik.

“Menakjubkan, oleh karena itu kami melakukan suatu saran untuk terus melaksanakan event ini. Bahkan secara bertahap terus kita tingkatkan bukan hanya pasaran di dalam negeri juga ke manca negara,” jelas Iwa.

Sekda Jabar juga mengajak masyarakat untuk mengunjungi acara yang akan berlangsung pada 8-12 November 2017 di Graha Manggala Siliwangi Bandung. Pasalnya, selain menumbuhkan kecintaan terhadap batik nasional juga mampu mendorong perekonomian masyarakat.

“Dengan demikian diharapkan seluruh masyarakat hadir berbondong-bondong ke sini, pakailah batik nusantara ini, pakailah bordir dan juga tenun nusantara ini. Disamping juga pakaiannya cantik dan bagus secara tidak langsung apabila ingin membeli barang maka meningkatkan ekonomi kecil dan mikro dan juga sekaligus melestarikan budaya zaman dahulu kita, itu harapan kepada masyarakat,” pungkasnya. (JABARPROV/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here