Indonesia 5 Besar Diabetes, Tropicana Slim Edukasi 87 Senior di D’Khayangan

0
638

CIKARANG, presidentpost.id – Tropicana Slim bekerjasama dengan Senior Living D’Khayangan mengadakan acara “Seminar Edukasi Pemilihan Nutrisi yang Baik untuk Penderita Diabetes”. Seminar tersebut diadakan di lokasi Care Center Senior Living D’Khayangan Jababeka, Cikarang, Bekasi (21/11).

Seminar tentang diabetes ini sebagai seminar penyuluhan preventif atau pencegahan penyakit diabetes.

Brand Associate Tropicana Slim Annice Manthovani mengatakan, “Tujuan kita adalah preventif atau lebih baik mencegah daripada mengobati.”

Menurutnya, salah satu target yang penting untuk diedukasi mengenai dibetes ini adalah para lansia atau senior. “Karena mereka rentan untuk terkena penyakit. Ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility untuk memberikan edukasi ke komunitas-komunitas,” tambahnya.

Annice juga menjelaskan, “Kenapa kita tonjolkan mengenai diabetes? Karena Indonesia sudah urutan ke-5 untuk jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia dan tiap tahunnya terus meningkat.”

“Informasi yang terbaru, penderita diabetes saat ini tidak hanya dari para lansia saja. Bahkan usia 20 sampai 30 tahun juga sudah banyak penderitanya. Makanya sedini mungkin kita buat kesadaran jangan sampai terkena penyakit diabetes,” ujarnya lagi.

Seminar ini dihadiri tidak kurang dari 87 orang peserta yang tidak hanya dari kalangan lansia saja. Seminar ini pun sangat ‘hidup’ karena banyaknya pertanyaaan-pertanyaan dari para peserta.

Sebagai informasi, komplikasi diabetes adalah penyebab kematian nomor tiga terbanyak di Indonesia. 2 dari 3 penderita diabetes ternyata bahkan tak menyadari dirinya memiliki penyakit tersebut.

Di tempat yang sama, Head of Business Development Senior Living D’Khayangan Trisno Muldani mengatakan, “Seminar di D’Khayangan ini sendiri menjadi agenda rutin bulanan. Kedepannya kita juga akan buat seminar dokter hati.”

“Sehat itu kan bisa dari fisik, psikis, sosial, dan spiritual. Jadi seminar dokter hati ini akan menjelaskan bagaimana pengelolaan hati kita agar kita bahagia,” jelasnya.

Dalam seminar itu disebutkan bahwa pada dunia medis sebenarnya diabetes ada tiga tipe, yaitu tipe pertama adalah kerusakan pada pankreas. Pankreas adalah organ tubuh manusia yang menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan gula (glukosa) dari karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi sebagai energi atau untuk menyimpan glukosa sebagai cadangan energi. Insulin membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap seimbang, tidak menjadi terlalu tinggi (hiperglikemia) ataupun terlalu rendah (hipoglikemia).

Tipe kedua adalah diabetes yang muncul karena gaya hidup. Hal tersebut menjadi pemicu timbulnya penyakit diabetes karena obesitas, jarang berolahraga, pola makan yang tidak teratur, atau terlalu sering mengalami stres.

Tipe ketiga adalah diabetes Gestasional. Tipe diabetes ini hanya menyerang wanita yang sedang hamil dan pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya paska melahirkan. Wanita hamil bisa menderita penyakit ini karena pada saat hamil, kadar gula darah dalam tubuh meningkat drastis dan tubuh mengalami kesulitan untuk bisa memproduksi insulin yang cukup.

Selain mendapatkan edukasi tentang diabetes, para peserta juga mendapatkan tes pengukuran gula darah dan Body Mass Index (BMI) secara gratis usai seminar. (TPP)

Indonesia 5 Besar Diabetes, Tropicana Slim Edukasi 87 Senior di D'Khayangan #tropicanaslim @seniorlivingdkhayangan

Sebuah kiriman dibagikan oleh The President Post (@thepresidentpost) pada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here