Bali Gelar Berbagai Festival Dongkrak Kunjungan Wisatawan

0
317

JAKARTA, presidentpost.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali bersama  stakeholer pariwisata gencar menggelar berbagai festival untuk mendongkrak kunjungan wisatawan yang tahun ini mentargetkan 5,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) serta 8 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus). Bali menjadi salah satu destinasi utama dan sebagai mesin pencetak wisman karena dari 15 juta kunjungan wisman sebagai target tahun ini, sebesar 40% diharapkan akan melalui Bali.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung mengatakan, penyelenggaraan kegiatan festival tersebut sebagai upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di antaranya sebanyak 12 festival digelar di Kabupaten Badung,  ada yang digelar tiap bulan sekali dan  dua kali sebulan. “Kami optimis target kunjungan wisatawan untuk tahun ini tercapai. Sampai bulan Oktober 2017 yang lalu jumlah kunjungan wisman sudah mencapai 5 juta lebih, sedangkan wisnus akhir tahun ini akan mencapai 9 juta dari target 8 juta wisnus,” kata I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya.

Selain festival, kata Ray Suryawijaya,  yang harus diperhatikan adalah pengembangan objek pariwisata, misalnya,  pengembangan desa wisata di Badung utara. Saat ini BPPD bersama Dinas Pariwisata Badung berkomitmen membangun pariwisata Bali dari Badung dengan pertimbangan lebih dari 130 ribu hotel di Bali,  98 ribu di antanya ada di Kabupaten Badung.

Sementara itu menurut laporan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali yan diterima Biro Kumpblik Kemenpar menyebutkan, pada pertengahan November hingga Desember 2017 digelar 7 festival  masing-masing di Tabanan, Jembrana, Bangli, Badung, dan Denpasar. Ketujuh festival tersebut adalah; Festival Mancing Pesisir di Pantai Yeh Gangga, Kabupaten Tabanan pada 21 November 2017; Festival Makepung Lampit,  Jembrana (26 November 2017); Penglipuran Village Festival,  Bangli (1 Desember-7 Januari 2018); Pendawa Beach Festival, Badung (25 Desember-1 Januari 2018); dan Denpasar Festival (28-31 Desember 2017). (Kemenpar/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here