MNC bersama Bank Sinarmas Meluncurkan Pembuatan Rekening Instan

0
539

JAKARTA, presidentpost.id – PT MNC Sekuritas menggandeng Bank Sinarmas meluncurkan layanan rekening saham instan dengan memanfaatkan data kependudukan. PT MNC mengklaim, dengan kerja sama ini, pihaknya bisa memangkas waktu proses pembukaan rekening saham menjadi kurang dari 15 menit, Senin (27/11).

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meiliana mengatakan kerja sama ini diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal. Proses pembukaan rekening saham yang biasanya membutuhkan waktu 1-3 hari, kini hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

“Ini bukti komitmen perseroan membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat agar lebih mudah berinvestasi di pasar modal,” kata Susy seusai peluncuran layanan rekening saham instan di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta,mengutip dari tempo.co, Senin (27/11).

Ia menuturkan kerja sama tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama yang telah dijalin antara PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil memanfaatkan nomor induk kependudukan, data kependudukan, dan kartu tanda penduduk elektronik.

“Dengan program ini nasabah tidak perlu menunggu lama memperoleh nomor RDN (rekening dana nasabah),” ucap Susy, mengutip dari tempo.co

Setelah melakukan top-up dana ke RDN tersebut, nasabah akan memperoleh user ID, password, dan PIN untuk masuk ke aplikasi trading MNC Sekuritas MNC Trade. “Tanpa perlu menunggu lama, nasabah siap bertransaksi saham.”

Dalam uji coba, nasabah MNC Sekuritas hanya membutuhkan waktu 10 menit 57 detik untuk membuka rekening saham. “Biasanya bisa sampai tiga hari karena proses administrasi data. Tapi sekarang menjadi lebih singkat dengan data kependudukan,” ujar Susy, mengutip dari tempo.co

Presiden Direktur Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengaku ditunjuk untuk membantu MNC Sekuritas memotong waktu pembuatan rekening saham. “Kami melakukan koneksi house-to-house langsung dari Disdukcapil dan KSEI. Kami pernah mencoba pembuatan rekening hanya membutuhkan waktu 8 menit,” katanya, mengutip dari tempo.co

Frenky mengatakan, hingga saat ini, Bank Sinarmas mempunyai 411 kantor cabang di 34 provinsi. Selain itu, Sinarmas telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan sekuritas. “Namun baru kali ini pembukaan rekening dengan MNC Sekuritas hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit,” ucapnya, mengutip dari tempo.co

Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri David Yama mengatakan negara sudah berkomitmen membantu melakukan pelayanan publik. Total sudah ada 482 lembaga swasta dan nasional yang wajib dilayani untuk menggunakan basis data kependudukan.

“Tujuan penggunaan data kependudukan ini salah satunya untuk mencegah tindak kriminal dan penegakan hukum.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here