Bupati Pandeglang Lakukan Panen Cabai Merah

0
384
www.bantennews.co.id

PANDEGLANG, presidentpost.id – Bupati Pandeglang, Irna Narulita lakukan panen cabai merah di Desa Sukamanah Kecamatan Kaduhejo, Selasa (28/11/2017). Pada panen cabai merah di Desa Sukamanah tersebut Bupati didampingi anggota DPRD Kabupaten Pandeglang sekaligus Ketua KTNA Anton Haerulsamsi, Kepala Dinas Pertanian Budi S Januardi, Camat Kaduhejo Masitoh beserta para Kelompok tani serta element masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Irna mengatakan bahwa cabai merah merupakan salah satu komoditas tanaman holtikultura yang sangat dibutuhkan dan merupakan kebutuhan pokok masyarakat banyak.
“Jadi saya berharap kian hari produktivitas Cabai Merah di Pandeglang semakin meningkat dan juga saya ingin Pandeglang menjadi pemasok utama cabai di Banten”, ungkapnya. Dikutip dari bantennews.co.id

Irna juga mengatakan bahwa sebelum menjadi daerah pemasok, pasokan cabai terlebih dahulu harus mencukupi kebutuhan di Pandeglang. “Jadi sebelum dibawa ke Tangerang tentunya kita harus surplus dulu dalam memenuhi kebutuhan cabai untuk masyarakat kita, nah jika sudah surplus maka silahkan boleh kita bawa keluar Kabupaten”, ungkapnya saat memberikan arahan kepada para petani pada saat acara panen tersebut.

Ditambahkan juga menurutnya bahwa para petani cabai tidak hanya bertani saat diberi bantuan saja oleh pemerintah, tetapi harus berkesinambungan memanfaatkan hasil panen tersebut untuk digunakan sebagai modal ketika mulai musim tanam selanjutnya.

“Jadi kalau sudah panen para petani jangan berhenti untuk menunggu bantuan dari pemerintah, kan setelah panen ada keuntungan yang bisa dinikmati oleh petani maka dari situlah keuntungan tersebut dimanfaatkan untuk kembali berproduksi,” jelasnya.

Sementara itu, Isra, Ketua Kelompok Jaya Lancar Desa Sukamanah Kecamatan Kaduhejo menerangkan bahwa menanam cabai itu tidak mudah karena faktor kondisi cuaca sangat mempengaruhi terhadap kualitas cabai tersebut. Namun dirinya bersyukur panen cabai kali ini bisa menghasilkan cabai dengan kualitas yang baik.

“Alhamdulillah kali ini kita bisa panen kurang lebih tujuh sampai delapan ton, dengan rata-rata hasil satu pohon sekitar satu ons,” katanya.

Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Heni Supaini menjelaskan bahwa Kabupaten Pandeglang mendapatkan program peningkatan cabai merah yakni seratus hektar ditambah program swadaya sekitar 164 hektar dan dijadwalkan untuk panen kisaran bulan November sampai Januari. “Dari program yang sudah kita laksanakan ini kami menargetkan delapan ton per hektar dalam sekali panen dan semuanya sudah hampir seratus persen ditanami dengan waktu panen yang bervariasi, jadi saya rasa Pandeglang bisa surplus cabai bahkan bisa menjadi pemasok,” imbuhnya.

Ditambahkan menurut heni harga pasaran cabai saat ini sedang bagus yaitu dua puluh lima ribu rupiah per kilogram. “Saat ini harga pasaran cabai sedang bagus dan pemasarannya sangat mudah, bisa ke pasar Pandeglang, Serang atau ke Tanah Tinggi Kota Tangerang,” tuturnya. (TPP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here