Angkasa Pura II Siap Bangun Runway 3

0
273
TRIBUNNEWS.COM

JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) berencana untuk menambah jumlah landasan pacu atau runway di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Direktur utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddinmenuturkan pembangunan runway 3 akan dimulai pada akhir kuartal I 2018 atau sekitar Maret 2017 dan ditargetkan selesai 18 bulan setelahnya.

Pembangunan akan dimulai dari taxiway atau jalan penghubung antara apron, hanggar dan terminal terlebih dulu

“18 bulan dari akhir kuartal I ditargetkan akan selesai, tapi kita akan bangun taxiway-nya dulu, bulan depan akan kita mulai,” tutur Awaluddin saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (6/12/2017).

Awaludin menyebutkan pengadaan runway yang memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 60 meter tersebut memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,8 triliun.

Adapun letak dari runway 3 yang saat ini sedang proses akusisi lahan itu berada 500 meter dari runway 2.

Dengan adanya runway 3 diharapkan dapat menambah pergerakan pesawat yang sebelumnya 80 penerbangan per jam menjadi 114 pesawat per jamnya.

“Kebutuhan runway itu sudah mendesak apalagi kalau jam sibuk pagi atau sore antreannya bisa enam tujuh ya itu memang keterbatasan sisi udara kita yang memang harus kita tambah,” tutur Awaluddin. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here