Surbana Jurong Group Akuisisi RBG Guna Perkuat Keahlian Pembangunan Gedung Perkotaan yang Berkelas

0
85

SINGAPURA, 6 December 2017, presidentpost.id – Surbana Jurong Private Limited (Surbana Jurong) hari ini mengumumkan Perjanjian Jual-Beli atas akuisisi 100% saham Robert Bird Group (RBG). Akuisisi ini diharapkan selesai pada awal Desember, bergantung terpenuhinya beberapa persyaratan tertentu.

Berdiri pada 1982, RBG ialah perusahaan tertutup (privately owned) yang bergerak dalam konsultasi teknik global, berkantor pusat di Australia dengan sejumlah kantor di Inggris Raya, Uni Emirat Arab dan Asia Tenggara.

RBG dikenal menghadirkan layanan teknik struktur, teknik sipil dan konstruksi dalam berbagai proyek yang kompleks dan ikonik, termasuk Westfield Shopping Centre di London, menara ICD Brookfield Place di Dubai serta One Central Park dan proyek Darling Harbour Live di Sydney.

Akuisisi RBG akan terus memperkuat keahlian pengembangan perkotaan (urban development) dan memperluas jangkauan geografisnya. Hal-hal itu akan mengisi celah pasar yang kosong dan menghasilkan sinergi yang lebih banyak lagi untuk bisnis perkotaan dan infrastruktur.

Akuisisi terbaru ini melanjutkan strategi pertumbuhan Surbana Jurong Group, setelah akuisisi konsultan infrastruktur asal Australia SMEC Holdings Ltd pada tahun lalu. RBG meningkatkan bisnis Grup yang ada saat ini, secara lebih lanjut memperkuat proposisi rantai nilai dengan lebih lengkap lagi bagi para kliennya.

“Strategi pertumbuhan Surbana Jurong Group meliputi upaya memperdalam keahlian inti dan memperluas jangkauan pasar, sehingga kami dapat mewujudkan berbagai peluang menarik bagi seluruh pihak internal. Saya gembira menyambut Robert Bird Group dalam jajaran kelompok usaha Surbana Jurong Group. RBG akan mengembangkan keahlian teknik Surbana Jurong yang utama, baik dalam desain dan teknik konstruksi,” ujar Wong Heang FineGroup Chief Executive Officer, Surbana Jurong Private Limited.

“Keahlian teknik termutakhir itu akan menjadi daya saing kami dalam menghasilkan serta meraih kontrak proyek berkelas tinggi dan kompleks. Perpaduan baik yang saling melengkapi dari kedua perusahaan mendukung upaya kami untuk langsung menawarkan serangkaian rantai nilai layanan terlengkap, tidak hanya di kedua pasar utama kami yakni Singapura dan Australia, namun lebih luas lagi, di pasar global,” lanjut Wong.

Dia pun menambahkan, “Sejak dibentuk pada pertengahan 2015, Surbana Jurong Group telah berkembang tiga kali lipat, baik dalam hal tenaga kerja dan pendapatan. Pertumbuhan Group berjalan baik secara organik serta lewat akuisisi dan kemitraan. Kami dapat memanfaatkan keunggulan mitra kerja sehingga perusahaan dapat menjajaki sektor utama yang menghasilkan pertumbuhan bisnis. Pada saat bersamaan, hal tersebut menjadi landasan bagi layanan perencanaan perkotaan, coastal engineering, pengembangan kota dan layanan perusahaan lainnya, menuju level dunia. Hari ini menandai babak baru dari pertumbuhan kami, sejalan langkah kami menuju kancah dunia dan terus mengubah bisnis perusahaan.”

Pendiri RGB sekaligus menjabat ChairmanRobert Bird, mengungkapkan bahwa, “Perjanjian ini menandai babak pertumbuhan terbaru dari Robert Bird Group. Kerja sama yang lebih erat dengan Surbana Jurong menjadi peluang mengakses berbagai proyek baru di seluruh dunia, dengan basis klien yang lebih luas lagi. Kami menilai hal ini menjadi pelengkap yang sesuai, sejalan dengan sinergi kedua perusahaan dalam aspek geografi, kompetensi dan klien.”

“Bersamaan dengan hal itu, bergabungnya kami ke dalam jaringan Surbana Jurong memberi Robert Bird Group akses yang lebih luas terhadap permodalan, sumber daya yang lebih banyak dan skala bisnis yang lebih besar. Hal-hal ini akan meningkatkan kemampuan kami meraih kontrak proyek nasional dan internasional yang baru, serta membuka pintu bagi pertumbuhan yang lebih lanjut bagi perusahaan kami di Asia dan Afrika,”  lanjut Robert.

Sebelum bergabung dengan Surbana Jurong Group, RBG telah berhasil bekerja dengan Surbana Jurong termasuk dalam pembangunan Westin Hotel Darwin dan Logan Enhancement Project milik Pemerintah Queensland. Kedua perusahaan juga bekerja sama dalam lelang proyek gabungan. (PRN/TPP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here