Discovery Channel Tayangkan Film Dokumenter Smart China: Start Up Revolution

0
541

SINGAPURA, 8 Desember 2017, presidentpost.id – Tiongkok memprakarsai babak terbaru dari kiprah perekonomiannya – disebut dengan start-up revolution, yakni era pemikiran inovatif dalam bidang teknologi dan kewirausahaan, digerakkan oleh generasi visioner terbaru, yang tengah mewujudkan dunia masa depan.

Siapa saja para pebisnis muda dan haus akan kesuksesan ini? Dari mana mereka memperoleh ide-idenya, bagaimana pula mereka mengubah ide-ide itu menjadi perusahaan pencetak uang? Akankah start-up revolution ala Tiongkok ini mengubah cara kita menjalani kehidupan?

Dalam 3 episode film dokumenter garapan Discovery Channel ini, pembawa acara Dr Jordan Nguyen, penemu yang meraih penghargaan, desainer, inovator dan pebisnis – telah mengunjungi Tiongkok untuk mencari jawabannya. Dia menjelajahi Sillicon Valleys­-nya Tiongkok: BeijingShanghai, Yangtze Delta, Shenzhen dan Guangzhou.

Dalam episode pertama, Jordan menelusuri Beijing untuk mencari sejumlah perusahaan baru yang dapat meraih kesuksesan dalam salah satu perekonomian yang paling kompetitif di dunia ini. Dia menemukan kiprah berbagai universitas terkemuka di Beijing, para pemodal ventura dan kebijakan pemerintah yang mewujudkan ‘Silicon Valley’-nya Tiongkok di Zhongguancun.

Dalam episode kedua, Jordan menyingkap sejarah unik Yangtze Delta dan dampaknya terhadap jenis-jenis perusahaan rintisan (start-ups) yang berkembang, serta cara pebisnis menjajaki jenis-jenis usaha yang unik itu. Dari model investasi inovatif untuk meremajakan perumahan internasional di Shanghai hingga mengembangkan terobosan biomedis dan biofarmasi di Zhangjiang Science Park.

Episode ketiga menunjukkan perjalanan Jordan ketika mengunjungi salah satu pusat teknologi terkemuka di dunia, Shenzhen. Jordan bertemu dengan berbagai perusahaan yang memanfaatkan hubungan Shenzhen dengan era manufaktur pada masa lampau, dari perusahaan yang menguasai 70% pangsa pasar pesawat nirawak (drone), hingga kesuksesan litbang terbaru yang dijalankan oleh sebuah perusahaan otomotif yang menjual berbagai bus listrik di London. (PRN/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here