KEPServerEX Version 6.4 Mudahkan Pengguna dalam Mengintegrasikan Inisiatif Smart Factory dengan Sistem Otomatisasi Industri Tradisional

0
389

PORTLAND, Maine, 13 Desember 2017, presidentpost.id Kepware®, unit bisnis milik PTC yang mengembangkan konektivitas peranti lunak bagi pelaku industri, hari ini mengumumkan peluncuran sarana konektivitas industri KEPServerEX® version 6.4.

KEPServerEX version 6.4 menghadirkan kemampuan pengumpulan data yang baru, akses data yang lebih baik, integrasi yang mulus baik dengan sistem tradisional maupun Internet of Things (IoT) untuk industri, memudahkan pengguna dalam mengelola dan memantau lantai pabrik mereka.

Driver MQTT Client terbaru merupakan komponen kunci dalam KEPServerEX version 6.4. Driver baru ini memudahkan pengguna mengumpulkan data dari sensor networks dan perangkat lain yang menggunakan MQTT—serta membuat data tersebut tersedia bagi perangkat otomatisasi industri dan aplikasi yang mereka andalkan untuk menjalankan pabrik secara efisien.

“Banyak pengguna KEPServerEX memperoleh data industri di lingkungan operasional mereka melalui sensor canggih yang baru dan perangkat ringan atau yang berjenis open-source,” kata Jeff BatesProduct Manager, Kepware.

Driver MQTT Client dan KEPServerEX dengan mulus mengintegrasikan data dari berbagai perangkat tersebut—memudahkan pengguna untuk mengakses data real-time baru serta leluasa memantau operasional lantai pabrik mereka,” sambung Jeff.

Driver MQTT Client yang terdapat di KEPServerEX version 6.4 menawarkan translator MQTT ke OPC UA yang tersedia di pasaran dan langsung dapat digunakan. Teknologi ini menggunakan perangkat penguraian (parsing) yang memudahkan pengguna menciptakan tags dari perangkat populer yang menggunakan MQTT.

Dengan driver baru ini, KEPServerEX mampu terhubung secara aman dengan berbagai topics MQTT melalui broker MQTT mana pun, memperoleh pembaruan setiap data perangkat baru dirilis, serta membuat data tersebut tersedia melalui sejumlah protokol.

“Peningkatan di KEPServerEX version 6.4 sangat berharga bagi setiap pelanggan yang perangkatnya menggunakan protokol MQTT, termasuk pelanggan Wzzard Wireless Sensing Solutions,” kata Mike Fahrion, CTO dan VP, IoT Technologies, Advantech B+B SmartWorx.

“Terdapat berbagai keuntungan signifikan apabila data IoT Sensor tersedia di aplikasi otomatisasi industri tradisional, dan hal itu kini dimungkinkan dengan KEPServerEX,” lanjut Mike.

Selain driver MQTT Client driver, KEPServerEX version 6.4 juga dilengkapi dengan:

  • Peningkatan Fitur Read/Write untuk Driver SiemensTCP/IP Ethernet Driver:Memudahkan pengguna driver Siemens TCP/IP Ethernet dengan controllers Siemens S7-400 dan S7-1500 untuk menjalankan fungsi read/writes secara lebih efisien.

    Hal ini dilakukan dengan mengkonfigurasi ukuran Packet Data Unit (PDU) mereka hingga level maksimum yang mampu didukung oleh controller. Pengguna kini dapat dengan mudah memantau data berjenis high-fidelity dengan hitungan tag yang tinggi serta tingkat pertukaran data yang tinggi.

  • Kemampuan Store And Forward dengan Antarmuka ThingWorx® yang Dapat Langsung Digunakan: Memudahkan pengguna untuk memindahkan data secara aman antara KEPServerEX dan ThingWorx—bahkan saat jaringan tidak stabil.Selama komunikasi antara KEPServerEX dan ThingWorx terganggu, layanan store and forward mengumpulkan data yang diminta ThingWorx. Setelah terhubung kembali, data yang tersimpan secara otomatis diteruskan ke ThingWorx.
  • Kemampuan Menelusuri Tag Bagi Driver CODESYS Ethernet: Pengguna driver CODESYS Ethernet kini bisa memilah dan memasukkan hanya tag yang relevan ke dalam proyek KEPServerEX mereka. Hal ini memudahkan pengguna untuk terhubung secara lebih efisien dan memulai streaming data dari perangkat CODESYS. (PRN/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here