Samsung Meraih Kotra Award 2017

0
271
foto : beritasatu.com

JAKARTA, 14 Desember 2017, presidentpost.id – PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) melalui divisi Corporate Citizenship meraih penghargaan tertinggi dari Menteri Perdagangan, Industri & Energi Korea melalui ajang Korea Trade-Investment Promotion Agency (Kotra) CSR Award 2017.

Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-4 yang diterima SEIN selama empat tahun berturut-turut. Pada tahun ini, penghargaan diterima melalui keberhasilan pelaksanaan program-program kemasyarakatan yang merupakan implementasi dari dua pilar, yaitu Pendidikan (Samsung Tech Institute, Samsung Smart Learning Class dan Samsung Smart Library) dan Pengembangan Komunitas (One Village One Product, 1.500 Cahaya untuk Lanny Jaya – Papua, dan SamsungCare: Building Homes and Community for Hope at Rowosari) yang dijalankan secara berkelanjutan sepanjang tahun 2017.

“Program-program citizenship kami usahakan dapat sejalan dan mendukung program pemerintah, seperti Samsung Tech Institute, Samsung Smart Learning Class, Samsung Smart Library, Samsung Care Building Homes for Hope dan 1.500 Lentera untuk Lani Jaya, Papua serta Program One Village One Product (OVOP). Program-program ini mendukung pemberdayaan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik dan pemerataan kesejahteraan hidup, sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah Indonesia,” ujar KangHyun Lee, Vice President – Samsung Electronics Indonesia.

KOTRA memberikan apresiasi ini kepada SEIN karena berhasil memenuhi penilaian program Corporate Social Responsibility dengan standar penilaian yang menggunakan tolok ukur internasional ISO 26000, serta melalui evaluasi dari panitia penilai yang melibatkan Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) dan (Korean Chamber of Commerce and Industry Indonesia (KOCHAM).

Berkomitmen

Samsung berkomitmen mendukung masyarakat menjadi lebih maju dan terinspirasi untuk meraih kesempatan baru melalui inovasi dan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Setiap program CSR Samsung, yang disebut program Corporate Citizenship, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Salah satu program berkesinambungan SEIN antara lain adalah Samsung Tech Institute. Program berawal dari kurikulum vokasional elektronik untuk Rumah Belajar Samsung yang dibuat pada tahun 2012. Lalu pada tahun 2017, Samsung membuka kerja sama secara langsung dengan 21 Sekolah Menengah Kejuruan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ada pula program Samsung Smart Learning Class (SLCC) menyediakan fasilitas kelas pintar berbasis Information & Communications Technology (ICT) dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Saat ini telah terdapat dua SSLC di Indonesia, yaitu SSLC untuk pelatihan guru di Makassar bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan SSLC untuk siswa di SMANU MH Thamrin, Jakarta.

Di Papua, SEIN juga menyelenggarakan program 1.500 Cahaya untuk Lanny Jaya – Papua. Program tersebut merupakan donasi lentera tenaga surya untuk masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik dan penerangan di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Lentera tenaga surya yang ramah lingkungan dan mudah digunakan ini diberikan dalam rangka mendukung Hari Bumi 2017 yang diperingati setiap tanggal 22 April.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here