Toyota Indonesia Akan Meluncurkan 6 Model Mobil Terbaru di Tahun 2018

0
2530
foto : merdeka.com

15 Desember 2017, presidentpost.id – Tahun 2018 Toyota Indonesia menjanjikan meluncurkan empat sampai enam model mobil baru. Yang bisa dipastikan adalah mobil di segmen mobil keluarga (MPV) dan crossover atau SUV kompak.

Demikian penjelasan F Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), saat media gathering di Jakarta, kemarin. Kata Soerjo, pihaknya berencana di semester pertama 2018 akan meluncur dua sampai tiga mobil, sedangkan di semester kedua juga dua hingga tiga model mobil. “Jumlah itu minimal ya,” ujarnya, mengutip dari merdeka.com

Namun, Soerjo mengakui jumlah model itu bisa saja bertambah, karena ini tergantung dari kesiapan pasar dan kondisi ekonomi Indonesia. Salah satu model mobil yang hampir dipastikan meluncur di tahun depan adalah Toyota C-HR, jenis SUV kompak. Apalagi Toyota Indonesia juga sudah melakukan studi sejak tahun ini, termasuk studi mengenai pilihan mesin yang akan dibawa. Perlu diketahui, diproduksi di Turki, mobil berkonsep sport crossover kompak ini memiliki tiga varian mesin di Eropa, yakni 1.2 L Turbo, 1.8 L, dan 1.8 hibrida.

Sayang, Soerjo enggan mengungkapkan kapan waktu peluncuran Toyota C-HR ini. “Tunggu saja waktunya,” pungkasnya, mengutip dari merdeka.com

Toyota C-HR
Dari informasi yang dihimpun Merdeka.com, Toyota C-HR memiliki beberapa kelebihan. Pertama, desainnya keluar dari pakem desain Toyota, karena menggunakan pakem desain baru yang dinamakan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Kedua, konsepnya sebagai mobil ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar efisien, tapi memiliki karakter sporty sangat kuat. Dibangun dengan platform yang sama dengan Prius Gen 4, C-HR menyediakan pilihan mesin hybrid 1.800 cc.

Ketiga, Toyota C-HR di global sana memiliki tiga varian mesin, yakni 1,2 liter; 1,8 liter hybrid; dan 2,0 liter. Ketiganya dipadu dengan transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT). Khusus mesin hybrid-nya, sanggup menghasilkan emisi yang sangat sedikit, yaitu kurang dari 90 g/km. Mesin ini diklaim lebih baik sebesar 40 persen dari sistem hybrid sebelumnya.

Keempat, mobil ini sudah resmi dipasarkan di Eropa di awal tahun ini. Hasilnya,C-HR menjadi mobil merek Jepang yang mencatat penjualan ketiga terbesar di Eropa sekaligus menjadi penantang serius di segmen crossover atau SUV kompak.

Menurut data JATO Dynamics, C-HR telah dijual sebanyak 31.888 unit di benua Eropa, bersaing keras dengan pemain lawas Nissan Qashai, Ford Kuga, dan Peugeot 3008. Tapi sudah mengungguli Renault Kadjar dan Seat Ateca. Toyota Eropa menargetkan penjualan C-HR sebesar 100 ribu unit di Eropa dengan produksi di pabrik Sakarya, Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here