Bandara Kualanamu Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Natal dan Tahun Baru

0
1041

Jakarta, presidentpost.id –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, Bandara Kualanamu, Medan telah memeriksa kelayakan kendaraan (ramp check) terhadap 68 pesawat di Bandara Kualanamu, Medan dalam menghadapi musim liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Selain itu, operator Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura II sudah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan meningkatkan fasilitas.

“Kita telah melakukan ramp check terhadap seluruh pesawat yang akan dioperasikan selama Natal dan Tahun baru dengan jumlah 68 pesawat untuk Bandara Kualanamu dan wilayah Sumatera Utara 224 pesawat,” jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub, Sugihardjo dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (24/12).

Sugihardjo menjelaskan, ramp chek sebanyak 224 pesawat tersebut merupakan Instruksi Menteri Perhubungan dalam rangka pemeriksaan sarana transportasi untuk semua moda.

Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan dan Angkasa Pura II Cabang Kualanamu sudah menangani kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu.

Sugihardjo bilang, keamanan di Bandara Kualanamu relatif baik untuk posko terpadu di sisi darat maupun untuk yang akan terbang berangkat ada X Ray 1 dan 2. Semua sudah diperiksa dan hasilnya berfungsi dengan baik.

“Satu poin sistem check in di Kualanamu, semuanya menggunakan scan barcode. Barcode inilah yang akan terintegrasi dengan pola bagasi (bagage handling system), pemeriksaan melalui scan barcode ada 12, itu hal yang juga positif,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pergerakan angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu, jumlah penumpang maupun pesawat yang dioperasikan jauh lebih besar dibanding angkutan lebaran. Alasannya, di Medan pada khususnya, dan Sumatera Utara pada umumnya mayoritas merayakan Natal.

“Dibanding tahun lalu, angkutan natal di Bandara Kualanamu sudah naik 10 persen. Termasuk di Bandara Silangit sudah cukup tajam peningkatannya,” Sugihardjo berujar.

Sugihardjo melanjutkan, Bandara Gunung Sitolo melayani 10 penerbangan per hari. Semakin banyak pesawat, sambungnya, maka tarif pesawat diharapkan menurun sehingga masyarakat bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga ekonomis.

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan, Nur Isnin mengatakan untuk penerbangan tambahan di Bandara Kualanamu, yang masuk ada 45 penerbangan dan yang keluar sebanyak 28 penerbangan sampai dengan saat ini.

Isnin juga menjelaskan soal ludesnya tiket pesawat dan tarif tiket pesawat dari Bandara Kualanamu ke Bandara Silangit dan Gunung Sitoli, Nias.

“Di nias ada 10 penerbangan per hari termasuk dari Padang ada 1 penerbangan setiap hari, pergerakan pesawat di Bandara Kualanamu sudah di atas 240 penerbangan per hari, biasanya hanya sekitar 230 penerbangan selama masa Natal dan Tahun Baru,”pungkas Isnin. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here