Gubernur DKI Jakarta Menyerahkan Dana Beasiswa Untuk Sekitar 3.990 Mahasiswa

0
615
tribunnews.com

JAKARTA, presidentpost.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan dana beasiswa untuk mahasiswa dari jenjang Diploma Tiga (D-3) sampai Strata Tiga (S-3) di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/12).

Melalui Yayasan Beasiswa Jakarta, Mahasiswa D3 dan S1 pemohon baru sebanyak 1.891 orang dengan masing-masing sebesar Rp4,2 juta. Sedangkan mahasiswa lanjutan penerima beasiswa dari tahun 2015-2016 sebanyak 596 orang, dan mahasiswa angkatan tahun 2016-2017 sebanyak 1.509 orang, dengan masing-masing sebesa Rp4,2 juta.

Gubernur Anies mengatakan penerima beasiswa di Jakarta memiliki tanggung jawab besar. Mereka, kata Anies, harus mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Ini adalah dukungan dari masyarakat, oleh karena itu anda punya tanggung jawab ekstra. Kosenkuensinya saya harapkan adik-adik semua yang dapat beasiswa saya harapkan prestasinya harus baik,” ujar Anies di Balai Kota Jakarta, dikutip dari suara.com, Rabu (27/12).

Selain penilaian akademik yang harus baik, Anies ingin mahasiswa Jakarta penerima beasiswa menumbuhkan life skill kepemimpinannya, entrepreneurship, dan kemampuan organisasi.

“Jadi anda menjadi orang yang komplit. Akademik kuat, intelektual solid, leadership baik, maka Insya Allah anda akan bisa menjadi orang-orang yang bermanfaat dimasa depan,” kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu meminta seluruh penerima beasiswa untuk menanamkan keyakinan kelak akan menjadi orang pemberi beasiswa.

“Tanamkan keyakinan didiri anda bahwa hari ini saya penerima beasiswa, tapi kelak saya akan menjadi pemberi beasiswa. Jadi anda hari ini terima beasiswa besok anda canangkan pada diri anda sendiri bahwa suatu saat saya akan meberi beasiswa,” kata Anies.

“Memberikan beasiswa itu belum tentu menjadi pengusaha, tidak. Memberikan beasiswa itu anda mengurusi organisasi bisa mengatur beasiswa anda memberi beasiswa,” Anies menambahkan.

Selain itu, pemerintah DKI juga memberikan bantuan penulisan skripsi atau tugas akhir sebanyak 528 orang, dengan masing-masing bantuan Rp3 juta.

Serta bantuan beasiswa kepada mahasiswa S2 dan S3 yang sedang menyusun penulisan. Dengan rincian bantuan penulisan tesis sebanyak 35 orang, bantuan penulisan disertasi enam orang. Adapun total bantuan tersebut Rp. 310.500.000.

Untuk diketahui, pemberian beasiswa untuk mahasiswa D3 dan S1 diperuntukkan untuk mahasiswa yang berprestasi dan minimal mendapatkan IPK 3.00, serta berasal dari keluarga kurang mampu. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here