Gubernur Jawa Timur Raih Penghargaan Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara

0
199
ngopibareng.id

JAKARTA, presidentpost.id – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo kembali meraih apresiasi  tinggi dari pemerintah pusat. Apresiasi ditandai dengan pemberian penghargaan Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2017 kategori Innovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara Dalam  Pelayanan Assessment Center bagi Instansi Pemerintah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Prof. Dr. Sofyan Effendi kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM  mewakili Pakde Karwo pada acara Malam Penganugerahan Penghargaan Pejabat Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugereah KASN Tahun 2017 di Auditorium Prof. Dr. Agus Dwiyanto Kantor Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jl. Veteran No. 10 Jakarta, Kamis (28/12).

Menjawab pertanyaan media, Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi mengatakan, keberhasilan ini karena keseriusan Pemprov Jatim dalam melaksanakan sistem merit secara konsisten guna mewujudkan ASN yang profesional, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Implementasi sistem merit di Pemprov dan kabupaten/kota di Jatim, lanjut Akhmad Sukardi, salah satunya  mewajibkan assessment bagi seluruh pejabat struktural. Kedepan, guna meningkatkan kualitas ASN secara menyeluruh, seluruh ASN baik struktural maupun non struktural juga akan dilakukan assessment.

“Kami juga menggandeng pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan hal serupa. Jika di kabupaten/kota belum ada tenaga untuk melakukan assessment, kami siap membant dan memfasilitasi,” katanya, dikutip dari .deliknews.com.

Ditambahkan, assessment kepada seluruh ASN tersebut terutama  akan lebih diarahkan kepada manajemen karier. Lewat assessment, diharapkan pemerintah memiliki calon-calon potensial untuk menjadi pejabat di masa depan.

“Jadi jika ada seleksi terbuka, calon-calon itulah yang akan diajukan” imbuhnya.

Selain Pakde Karwo, dua bupati asal Jatim juga berhasil meraih penghargaan pada malam ini, yakni Bupati Banyuwangi dan Bupati Ngawi. Keduanya berhasil meraih penghargaan Anugerah KASN 2017 dalam kategori “Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi”. (Deliknews/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here