Toyota Akan Memproduksi Mobil Listrik di Indonesia

0
80
foto : viva.co.id

22 Desember 2017, presidentpost.id – Mobil Toyota yang dijual di Indonesia saat ini sudah diproduksi lokal oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Meski demikian, unit yang diproduksi masih menggunakan mesin konvensional, baik yang berbahan bakar bensin maupun solar.

Produk-produk mobil Toyota yang sudah diproduksi di Indonesia antara lain, Kijang Innova, Fortuner, Yaris, Etios, Vios, dan Sienta. Nantinya, TMMIN juga akan memproduksi mobil yang menggunakan energi listrik, baik hybrid maupun full electric car.

“Sekarang kan sedang disiapkan regulasi dari pemerintah untuk kendaraan dengan energi listrik. Kalau itu sudah mulai, maka bisa tuh kami mulai juga,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN, mengutip dari viva.co.id

Meski demikian, lanjut Warih, menghadirkan mobil listrik di Indonesia bukan hanya sekadar memproduksi, tetapi ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti rantai suplai spare parts, kesiapan diler, hingga pengetahuan konsumen akan kendaraan listrik.

Lantas, kapan TMMIN sebagai produsen mobil Toyota di Indonesia siap untuk melaksanakan tanggungjawab untuk memproduksi kendaraan dengan energi listrik? Warih mengatakan, waktu persiapan yang dibutuhkan akan lebih cepat dibandingkan memproduksi mobil konvensional.

“Kami siap. Kalau di awal manufaktur mobil biasa kan butuh sampai 10 tahun persiapannya. Tetapi saya rasa di sini enggak perlulah, tinggal copy dari negara lain, karena Jepang sebagai induk ada, di Eropa juga punya, Amerika ada. Ya lima sampai enam tahun cukuplah,” ujar Warih, mengutip dari viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here