Astra Mengubah Kebiasaan Buruk Masyarakat Kampung Berseri

0
328
Pengendara motor melintas di lorong atau gang di Kampung Berseri Astra di Kelurahan Rappocini Kecamatan Rappocini Makassar.

MAKASSAR, presidentpost.id – Perlahan langkah kaki pria paruh baya itu kian cepat, menyusuri tiap lorong-lorong atau gang yang begitu asri dipenuhi tanaman bunga di sisi kiri dan kanan, beberapa gambar aktifitas masyarakat terlukis di dinding dengan sempurna. Sesekali menyapa warga sekaligus menggambarkan semangatnya memperlihatkan perubahan di lingkungan sekitarnya.

Di daerahnya tinggal saat ini memang begitu banyak perubahan. Selain penampakan fisik yang bergitu mencolok dengan tanaman bunga dan lukisan warna terang membuat mata terbelalak. Apalagi, lukisannya menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat di sana.

Tidak butuh waktu lama berjalan, kemudia ia menunjukkan sebuah lokasi yang dimanfaatkan masyarakat mengolah rotan menjadi kerajinan tangan berkualitas, menjunjukkan proses pembuatan dan hasil dari tangan-tangan piawai para pengrajin di sana.

Setelah itu, ia kemudian kembali melangkah menyusuri lorong yang sudah ditata secantik mungkin, taman bunga, lampu jalan hingga hiasan buatan tangan ada di sekitar lorong tersebut. Ia kemudian dengan cekatan memperkenalkan bank sampah AgangTa, yang beroperasi menampung sampah masyarakat kemudian di jual.

Pria itu bernama Sultan Daeng Liwang, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Rappocini Kecamatan Rappocini Makassar, ia begitu menggebu-gebu menceritakan perubahan yang signifikan pada masyarakat Rappocini saat ini.

Image buruk di kawasan tinggalnya dulu, kini menjadi primadona di Kota Makassar, banyak dikunjungi daerah lain, menyabet sejumlah predikat kelurahan terbaik hingga lorong-lorong menjadi area bermain anak-anak di sana.

Daeng Liwang menceritakan, dulu kawasan Kelurahan Rappocini selalu diidentikkan area rusuh, tawuran hingga markas begal dan perampok didalamnya. Namun sejak adanya program Kampung Berseri Astra (KBA), Rappocini menjadi salah satu daerah favorit di Makassar.

“Program Kampung Berseri Astra ini merubah banyak hal, bukan hanya fisik di kawasan tinggal, tapi juga budaya masyarakat yang ada di dalamnya. Karena banyak program yang berjalan saat ini,” kata dia Jumat, (29/12).

Sekedar diketahui Kehadiran program Kampung Berseri Astra (KBA) yang diwujudkan oleh Astra International Tbk, melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR). Banyak hal yang dibantu seperti bank sampah AgangTa, UMKM dan juga membentuk lorong sehat dan lorong hijau.

Daeng Liwang menjelaskan di Kampung Berseri Astra yang terletak di RW 1 dan 4 Kelurahan Rappocini Kecamatan Rappocini Makassar, berbagai aktifitas masyarakat. Hal ini membuat mereka sibuk hingga terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif.

“Ada bank sampah juga UMKM Rotan ini dimaksimalkan untuk mendapatkan penghasilan. Termasuk ada sanggar seni di mana anak-anak remaja dilatih tari gandrang bulo (tari tradisional). Pelatihnya diambil dari sanggar seni terkenal di Makassar. Ini semua program dari Kampung Berseri Astra,” katanya lagi.

Ia tak henti-hentinya berbicara, banyak yang diceritakan, dengan hangat pria bertubuh sedikit kekar ini menceritakan bagaimana kawasan Rappocini sebelum masuknya Kampung Berseri Astra (KBA) akhir tahun lalu, semua bisa berubah perlahan tapi pasti.

“Dulu sejak tahun 2000-an di sini selalu dicap buruk oleh masyarakat sekitar, tapi sekarang Alhamdulillah bisa berubah. Bahkan, sekarang banyak kelurahan lain datang berkunjung untuk melihat aktifitas warga. Sekarang sudah berlomba-lomba mempercantik halaman rumah dan menjaga lingkungan,” katanya.

Selain itu, dia mengaku saat ini kehidupan di dalam masyarakat sudah cukup tenang. Apalgi memang sejalan dengan program pemerintah kota yang membangun dari lorong.

“Ini sangat membantu, agar masyarakat bisa lebih membangun daerahnya sendiri. untuk Kampung Berseri Astra, sekarang sudah banyak kelurahan lain yang minta. Tapi ini tidak serta merta, karena sebelum ditetapkan di Rappocini, juga melalui tahap seleksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Kelurahan Rappocini Azmi mengaku, memang sejak adanya Kampung Berseri Astra di RW 001 dan RW 004, masyarakat di sana sudah semakin sibuk dengan program yang digagas.

“Kalau pagi, mereka sudah sibuk membenahi lorong dari sampah, termasuk kegiatan UMKM dan kegiatan latihan tari budaya masyarakat,” katanya.(TPP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here