Bupati Bandung Menegaskan Masyarakat Agar Mampu Kelola Sampah

0
239
tribunnews.com

BANDUNG, presidentpost.id – Bupati Bandung, Dadang M Naser menegaskan kepada seluruh masyarakat agar mampu kelola sampah, ini dilakukan guna meminimalisir dampak sampah terhadap kondisi lingkungan.

Berdasarkan Undang-undang (UU) nomor 18 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah, dijelaskan bahwa setiap orang wajib mengurangi dan menangani sampah rumah tangganya secara berwawasan lingkungan.

Bupati Bandung mengatakan penanganan sampah merupakan tanggung Jawab bersama, oleh karena itu dibutuhkan komitmen bersama-sama untuk mengurangi dan menangani hal tersebut.

“Mari wujudkan Kabupaten Bandung bersih dari sampah ditahun 2020,’’ kata Dadang beberapa waktu lalu, dikutip dari tribunnews.com.

Dadang mengatakan, jika semua manusia adalah sumber sampah, maka tidak alasan manusia untuk tidak terlibat dalam rangka menyelamatkan bumi ini.

“Ingat, ketika berbicara sampah bukan sedang berbicara tentang orang lain namun berbicara tentang diri sendiri sebagai sumber sampah,” ujar Dadang.

Dadang mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan sampah , saat ini pihaknya akan segera menangani dan mengelola tempat sampah liar menjadi pojok edukasi sebagai media edukasi dan penguatan titik kumpul sampah liar.

Selain itu dalam waktu dekat, pihaknya juga akan segera mungkin menerbitkan peraturan desa (perdes) tentang pengelolaan sampah, yang mana nantinya di setiap desa wajib memiliki bank sampah serta seluruh rumah di desa wajib memiliki lubang cerdas organik (LCO).

“Segera bangun tempat pengolahan sampah sesuai amanat Pasal 16 Perda No 21 Tahun 2009 tentang pengelolaan sampah dan lingkungan,” katanya.

Menurut informasi, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung sebanyak 3,6 juta penduduk di Kabupaten Bandung setiap harinya menghasilkan 0,5 hingga 0,4 kilogram sampah setiap harinya.

Jika dihitung dalam maka masyarakat Kabupaten Bandung menghasilkan 43.200 ton sampah setiap bulannya.  (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here