Bupati Pulau Morotai Berkomitmen Wujudkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

0
792
pulaumorotaikab.go.id

MOROTAI, presidentpost.id – Bupati Pulau Morotai, Benny Laos terus berkomitmen untuk mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan yang merata dan berkesinambungan. Hal tersebut disampaikan saat memberikan Arahan pada acara penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD, di Balai Desa Bido dan Desa Tawakali Kec. Morotai Utara.

Benny menyampaikan bahwa program jaminan kesehatan daerah (JAMKESDA) dalam pembiayaan APBD Tahun 2017 telah  diintegrasikan dengan  program jaminan kesehatan nasional (JKN) Yang diselenggarakan Melalui BPJS Kesehatan, dan ini merupakan suatu wujud komitmen dari pemerintah daerah kabupaten pulau morotai, untuk membantu seluruh masyarakat dalam hal pembiayaan dibidang pelayanan kesehatan sebagaimana janji kampanye kepada masyarakat kabupaten pulau morotai dan Kartu JKN-KIS ini dapat digunakan dimana saja pada wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bupati juga menghimbau Kepada Jajaran Dinas Teknis baik Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Morotai agar pastikan dan konsolidasikan dengan Kepala Desa Bido dan Tawakali serta Desa-desa lainnya agar dipastikan seluruh warga masyarakat dapat memiliki kartu JKN-KIS, juga anak-anakmereka  yang sementara menempuh Pendidikan di daerah lain agar pastikan memiliki kartu tersebut karena dapat digunakannya pada semua tempat pelayanan kesehatan di seluruh indonesia.

“Kami akan pastikan semua memiliki kartu dan layanan kesehatan gratis 100%, simpan dan gunakan dengan baik-baik dan kami pemerintah daerah terus melakukan distribusi langsung ke tangan masyarakat dan memberikan pemahaman tentang manfaat dan cara menggunakan kartu tersebut, dan saya juga akan pantau dan turun langsung memberi dan menyaksikan kartu ini sampai di tangan rakyat kabupaten pulau morotai, dikutip dari pulaumorotaikab.go.id.

Bupati menambahkan, bahwa “jika didapati pelayanan kesehatan bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN-KIS ada pungutan Biaya agar segera melaporkan ke atasan petugas  atau ke saya untuk ditindak tegas”. Namun Bupati dalam arahan menghimbau agar masyarakat harus tetap mampu menjaga  kualitas kesehatan dengan memperhatikan kebersihan lingkungan rumah baik di dalam maupun di pekarangan, menata tempat pembuangan sampah.

Selain itu kepada kepala desa baik pada saat di Desa Bido dan Desa Tawakali disampaikan agar dapat mengalokasikan pembiayaan petugas kebersihan untuk masing-masing Rukun Tetangga (RT), dan program pembangunan dapur sehat.
pada akhir acara tersebut Benny Laos juga memberikan derma bagi ratusan anak-anak baik yang berada di Desa Bido dan Tawakali hingga dikerumuni penuh suka cita sebagai hadiah. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here