Dua Anak Usaha Pelindo II Incar Dana Rp 2 Triliun

0
410

JAKARTA, presidentpost.id – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II memastikan akan lepas dua anak usaha ke publik, yakni PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP). Perusahaan akan melepas sebanyaknya 30% kepemilikan saham tiap anak usaha, dengan target dana masing- masing sekitar Rp 1 triliun.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, target kapitalisasi pasar masing-masing anak usaha tersebut diharapkan akan mencapai Rp 2 triliun setelah proses penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham .

“Seluruh dananya akan digunakan untuk pengembangan anak usaha, untuk ekspansi dan meningkatkan kapasitas bisnisnya,” tuturnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (10/1).

IPO untuk IKT diharapkan selesai pada semester I-2018 dan semester II-2018 untuk IPO PTP. Saat ini perusahaan dalam proses pembicaraan dengan calon penjamin emisi efek (underwriter) IPO PTP yang akan diumumkan pada kuartal I-2018 mendatang.

Perusahaan badan usaha milik Negara (BUMN) tersebut memutuskan akan melakukan roadshow ke beberapa negara terutama di regional Asia. Pada IPO PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) akhir tahun lalu, Pelindo II melakukan roadshow ke Singapura, Malaysia, dan Hongkong.

“Pertimbangan IPO ini untuk memperbaiki agar mereka lebih profesional, supaya mereka melakukan best practice. Kedua, supaya mereka lebih mandiri. Mereka bisa membiayai ekspansinya tanpa bergantung kepada induk,” tuturnya. Adapun IKT merupakan perusahaan pengelola terminal khusus kendaraan, misalnya melakukan ekspor kendaraan.
(TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here