Tanam Pohon Tin, Wawali Buka Gerakan Tanam Sejuta Pohon di Taman Mojolangu

0
401
Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji saat menanam pohon tin di Taman Mojolangu

MALANG, presidentpost.id – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh setiap tanggal 10 Januari, komunitas Pariwisata Malang Raya (Parimaya) bekerjasama dengan Ngalup Coworking Spacemenggelar aksi Gerakan Tanam Sejuta Pohon di Taman Mojolangu, Sudimoro, Kota Malang, Rabu (10/1).

Gerakan Tanam Sejuta Pohon ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Malang dalam rangka penghijauan di Kota Malang.

Dalam kegiatan yang digelar di taman yang juga biasa disebut Kebun Bibit Mojolangu ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji yang mengawali aksi Gerakan Tanam Sejuta Pohon dengan menanam buah tin.

Wawali Sutiaji dalam sambutannya mengungkapkan, di tahun 1980-an Kota Malang masih terasa sangat adem meskipun hari sudah beranjak siang, dan itu tidak terlepas karena banyaknya pepohonan yang ada. Terlebih untuk orang dari luar kota, saat datang ke Kota Malang kala itu pasti merasakan hawa sejuk dan dingin.

“Sesuai komitmen dengan Abah Anton (Wali Kota Malang H. Moch. Anton) sejak terpilih, kami ingin kembali mengembalikan Kota Malang yang sejuk dan hijau. Karena itu kami sangat mengapresiasi sekali adanya gerakan menanam pohon di Taman Mojolangu ini,” ucap Sutiaji, Rabu (10/1).

Seiring kemajuan kota, diakui Sutiaji memang banyak lahan yang seharusnya menjadi ruang terbuka hijau yang tersisih oleh banyaknya bangunan yang berdiri saat ini. Oleh sebab itulah saat ini penting sekali dilakukan upaya-upaya pemanfaatan setiap jengkal lahan yang ada agar tercipta ruang terbuka hijau.

“Saya yakin jika seluruh elemen masyarakat Kota Malang mau bersatu dan bahu membahu menanam pohon, Kota Malang akan bisa kembali sejuk seperti dulu,” harap Sutiaji.

Gerakan tanam sejuta pohon kali ini melibatkan banyak komunitas, antara lain Parimaya, Ngalup Coworking Space, para pelajar, AISEC, Universitas Brawijaya, dan yang lainnya.

Area penenaman pohon yang becek sehabis terkena hujan deras tak menyurutkan semangat untuk menanam berbagai jenis pohon, antara lain mangga, kelengkeng, buah tin, sawo, jeruk dan lain-lain.

Panitia kegiatan menanam pohon di Taman Mojolangu, Andina Paramitha mengatakan aksi menanam pohon ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Menurutnya, pelaku usaha pariwisata juga harus mendukung program pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang hijau.

“Berbagai instansi dengan sukarela menyumbang bibit pohon dalam kegiatan ini, diantaranya dari Jatim Park, Ngalup Coworking Space, dan juga hotel-hotel di Malang Raya,” terang Andina. (malangkota/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here