Indonesian Arts Exhibition, Seniman Ancol: Kami Merasa Dihargai, dan di Jakarta Saja Tidak Sebesar Ini

0
1148

CIKARANG, presidentpost.id – Indonesian Arts Exhibition hadirkan lukisan karya seniman Pasar Seni Ancol. Lukisan tersebut turut meramaikan pameran seni bersama dengan karya-karya maestro lainnya, Rabu (17/1) di Jababeka Convention Center, Cikarang.

Koordinator pameran pasar seni Ancol, Tato Kastareja kepada presidentpost.id menyampaikan bahwa awal mulanya Chairman Jababeka SD Darmono sudah membicarakan perihal kesenian kepadanya. Kemudian tercetus satu gagasan untuk membuat sebuah event. Dan dipercaya untuk mengoordinasikan seniman-seniman dari Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan Banten.

Menurutnya, mengapa ia mengoordinasikan banyak seniman dari berbagai daerah ini untuk generasi yang lebih merata. Jadi, tidak hanya di satu daerah saja yang bisa mengapresiasi seni, namun seluruh warga Indonesia.

Ia mengkordinir 35 perupa (pelukis dan seni rupa) dari setiap daerah. 3 perupa patung, 32 pelukis. 23 patung dan 12 lukisan. Dan pada pembukaan acara sudah terjual 3 seni, yaitu yang berjudul Bisikan Dari Langit seharga 75 juta, Mixed Media on Canvas seharga 65 juta dan Acrylic on Canvas seharga 50 juta.

“Pada dasarnya tujuan kita bukan menjual, tetapi membangun apresiasi. Namun jika pada akhirnya ada kolektor yang membeli, itu suatu Alhamdulillah” Ujarnya.

Harapan untuk pemerintah, agar peduli terhadap seniman yang selama ini independen. Karena seniman membangun peradapan seni dan budaya yang harus diketahui. Walaupun berharap agar RI-1 membuat acara seperti Jababeka ini, ia berkata bahwa seniman tidak memandang siapa yang membuat, walaupun tukang becak sekalipun, seniman tetap turut meramaikan agar apresiasi masyarakat tumbuh terhadap seni.

Seperti halnya dengan SD Darmono, ia juga ingin agar acara ini bisa menjadi acara tahunan.
“Karena ini acara yang pertama, sesuatu yang termasuk sangat luar biasa, wah, besar, dahsyat dan monumental. Terbukti dari pengunjungnya yang banyak. Kami merasa dihargai, dan di Jakarta saja tidak sebesar ini” Ucapnya.

Indonesian Arts Exhibition baru pertama kali diadakan di Indonesia untuk mempromosikan karya-karya dari seniman Indonesia dari segala periode yang sudah dikenal dari abad 19 yang dipelopori oleh Raden Saleh dan teman-teman segenerasinya. Acara ini berlangsung pada tanggal 17 sampai dengan 21 Januari 2018. (Risma/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here