KAI Kembali Dipimpin oleh Edi Sukmoro

0
82
www.kai.id

JAKARTA, presidentpost.id – Edi Sukmoro kembali dipercaya untuk meneruskan kesuksesan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang telah diukirnya selama lima tahun terakhir. Oleh Kementerian BUMN, ia pun ditunjuk kembali sebagai Direktur Utama KAI untuk periode selanjutnya. Hal tersebut berdasarkan pada Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-18/MBU/01/2018 tentang Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang diserahkan kepada Edi Sukmoro pada tanggal 16 Januari 2018 pukul 19.30 WIB. Sebelumnya, setelah masa jabatannya sebagai Direktur Utama habis, ia sempat didapuk menjadi Direktur Logistik dan Pengembangan KAI sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama KAI oleh Menteri BUMN melalui surat keputusan SK-10/MBU/01/2018.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra, membenarkan penunjukkan tersebut. “Mulai hari ini sampai lima tahun ke depan. Betul hingga tahun 2023,” ujarnya. Ia mengatakan bahwa Edi Sukmoro tidak pernah dicopot sebagai Direktur Utama KAI melainkan karena masa jabatannya memang telah habis. Menurut Hambra, alasan penunjukan kembali Edi Sukmoro sebagai Dirut KAI adalah karena Edi dinilai berhasil pada periode pertamanya. “Kalau seseorang diangkat kembali berarti dinilai berhasil,” ujarnya. Alasan lain adalah karena Edi dinilai konsisten menjalankan tugasnya sebagai Direktur Utama KAI. “Beliau bisa konsisten mempertahankan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kinerja perusahaan terus tumbuh dan juga program strategis bisa ditangani dengan baik,” tuturnya.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang juga mengatakan bahwa kinerja Edi Sukmoro selama lima tahun terakhir terbilang bagus. “Proyek-proyek kereta seperti kereta bandara dan lainnya kan jalan,” katanya.

Menanggapi hal ini. Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai. KAI perlu sosok yang kompeten dalam menyediakan layanan transportasi kereta api. “Tidak ada salahnya mengangkat (lagi) Dirut yang lama, agar pekerjaan bisa berlanjut dengan lancar,” tuturnya.

Selain mengangkat kembali Edi Sukmoro, Kementerian BUMN juga menangkat 2 orang baru menjadi bagian dari jajaran direktur KAI. Muhammad Nurul Fadhila yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia diangkat menjadi Direktur Pengelolaan Prasarana dan yang selanjutnya adalah R Ruli Adi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) ditunjuk sebagai Direktur SDM dan Umum KAI. (Adwindra/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here