D’Khayangan Latih 45 Caregiver Menulis Biografi Bersama Eka Budianta

0
613

CIKARANG, presidentpost.id – Senior Living D’Khayangan mengadakan acara “Menulis Memoir & Biografi Yukk…!!” yang bertempat di Function Room Care Center D’Khayangan, Jababeka, Cikarang, Kamis (25/1).

Dalam acara tersebut menghadirkan pembicara, Eka Budianta yang merupakan seorang penulis, terutama puisi, dan juga menulis tentang lingkungan hidup, pariwisata, pendidikan, dan kolom sosial politik.

“Saya memberikan sesi bagaimana cara menulis biografi, jadi bagaimana mengajak dan membantu para senior dan caregiver membuat biografi masing-masing,” jelas Eka.

Menurutnya, pada awal pelatihan cukup sulit karena mereka bukan pengarang yang bisa menulis secara benar. “Namun kita siasati dengan cerita, walau mulainya banyak yang tidak mau karena banyak orang yang ketika sudah tua atau setelah menjadi senior, merasa hidupnya tidak bahagia, banyak kesedihan dan luka batin,” papar dia.

Eka, yang juga mantan penyiar radio BBC London ini mengatakan, “Saya dorong yang sebel biarin sebel, kita tidak perlu pikirkan yang sebel-sebel, kita cari yang nikmat-nikmat, dan saya menemukan formula itu karena saya sendiri seorang biografer. Yaitu dengan memilih 7 peristiwa yang paling berkesan dalam hidupnya.”

Salah satu peserta dalam acara ini, Fitria, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan menulis biografi ini sangat menyenangkan dan bermanfaat. Para peserta bukan hanya diajarkan menulis namun bisa berbagi pengalaman satu dengan yang lain.

Salah satu peserta pelatihan caregiver yang sedang membacakan biografinya

“Menurut saya seru sih acaranya, bisa mengetahui kehidupan satu sama lain,bisa sharing juga sih. Awalnya tidak kepikiran sih mau cerita tentang keluarga, pertama tulis tentang kebudayaan. Apa yang membuat kamu termotivas sampai saat ini dan apa yang menjadi cita-cita kamu? Ya saya menulis tentang orang tua yang menjadi motivasi saya,” ungkapnya.

Ia berharap  kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi peserta lain. “Semoga Senior Living D’Khayangan sukses sebab acaranya juga bagus dan sudah mengundang  Eka Budianta yang mengajarkan kita menulis dan mengeluarkan ‘unek-unek’ kita,” tutupnya.

Acara ini selain dihadiri oleh member dari Senior Living D’Khayangan juga diikuti oleh 45 calon caregiver yang akan bekerja di Jepang. Para caregiver tersebut hadir sebagai bagian dari pelatihan mereka di D’Khayangan.

Eka Budianta selain sebagai penulis atau biografer, beliau juga adalah seorang aktivis lingkungan, direktur Yayasan Tirtio Utomo Jakarta, dan sekaligus pengelola Jababeka Botanic Gardens yang berlokasi di Cikarang.

Ia pernah menjabat sebagai sekertaris umum Badan Pekerja Kongres Kebudayaan, dan ikut mendirikan Lingkar Budaya Indonesia (LBI) bersama Herawati Diah, Fuad Hassan, Toeti Heraty, Pia Alisyahbana, Martha Tilaar, Djafar Assegaf, Husein Umar, dkk. Ia lahir di Ngimbang, Jawa Timur, 1 Februari 1956, pernah kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan menjadi alumni program Leadership for Environment And Development (LEAD International). (HH/TPP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here