Pelayanan Kesehatan Dari KAI Mampu Menjangkau Daerah Kekurangan Rumah Sakit

0
78
Rail Clinic generasi keempat di Stasium Cibatu, Kabupaten Garut, Kamis (25/1/2018).

GARUT, presidentpost.id – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengklaim bahwa pihaknya tidak hanya mampu memberikan layanan transportasi semata, melainkan juga dapat memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal yang dimaksud PT KAI soal memberikan pelayanan kesehatan adalah Rail Clinic yang telah diluncurkan beberapa waktu yang lalu.

Jika dilihat dari luar, Rail Clinic tampak menyerupai kereta reguler pada umumnya.

Namun saat sudah masuk ke dalam Rail Clinic, pengunjung seolah-olah sedang berada di tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.

Di dalam kereta itu ditemui deretan kursi, pelatan medis, dan ruangan medis berdasarkan kategori.

Peralatan yang terdapat di Rail Clinic ini adalah alat kesehatan umum, alat kesehatan gigi, alat kesehatan mata, alat laboratorium, alat kesehatan THT, interior room, dan barang elektronik.

Bahkan, pada Rail Clinic generasi keempat yang diresmikan pada September 2017, sudah dilengkapi beberapa laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer untuk mengetahui beragam jenis penyakit yaitu kanker, diabetes, dan sebagainya.

Direktur SDM dan Umum PT KAI, R Ruli Adi mengatakan bahwa sudah saatnya PT KAI memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat.

“Menjamin kesehatan penumpang dan karena ini mobile, Rail Clinic bisa menjangkau daerah yang jauh dengan rumah sakit,” kata Ruli Adi di Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut, Kamis (25/1).

Ruli menyebutkan bahwa saat ini, masyarakat membutuhkan corporate social responsibility (CSR) ketimbang hanya pelayanan dari suatu perusahaan saja, dalam hal ini pelayanan transportasinya dari PT KAI.

“Saat ini kami tidak hanya berbicara terkait bisnis, bersama mitra kita terus kembangkan pelayanan tersebut,” kata Ruli.(TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here