Angkasa Pura II Cabang Sosialisai Safety and Security Awareness

0
70

 JAMBI, presidentpost.id – Selasa sekira pukul 09.30 WIB, PT Angkasa Pura II Cabang Jambi, melakukan sosialisai safety and security awareness. Acara ini sebagai lanjutan dari acara Ramp Safety Campaign, yang bertempat di ruang rapat Kantor Administrasi Bandara Sultan Taha Jambi.

Randy Asisten Manager of Airset Operation, selaku pembicara dalam rapat ini menjelaskan, acara ini menjadi wadah pemenuhan kewajiban perusahaan, dalam hal ini khususnya di Bandara Sulthan Thaha Jambi.
Dengan target kegiatan untuk dapat mensoaialisasikan prinsi-prinsip keselamatan dan keamanan bagi para pihak yang berkegiatan di area Bandara Sultan Taha Jambi.

Sesuai Pasal 217 ayat (1) menyebutkan, setiap bandar udara yang dioperasikan wajib memenuhi ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan, serta ketentuan pelayanan jasa bandar udara.

Hal ini lah yang menjadi landasan pihak Angkasa Pura II Jambi melakukan sosialisasi, prinsip-prinsip keselamatan dan keamanan kepada para pihak yang berkegiatan di area bandar udara.

Randy menyebut ada lima prinsip yang harus dipahami dan dilaksanakan menurut SOP perusahaan. “Khususnya pada bagian apron,” ujar Randy.

Lanjutnya, jika ada yang tidak melaksanakan atau pun melanggar, dan mengakibatkan keselamatan dan keamanan penerbangan terancam, ada sanksi tegas yang menanti. “Sanksi pidananya berat, ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 2009, tentang penerbangan,” ujarnya.

Sesuai Pasal 422 ayat (1) menyebutkan, setiap orang dengan sengaja mengoperasikan bandar udara, tanpa memenuhi ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 217 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 1 miliar rupiah.

Dalam rapat tersebut pihak yang terlibat diharapkan selalu konsisten, dan membangun komitmen bersama, untuk mendukung program safety and security awarness, khususnya di bandara sultan taha Jambi.(TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here