Eje Kim Seorang Ahli Geografi dari Korea Yang Cinta Durian dan Merilis Buku “Happy Yummy Journey”

3
412

JAKARTA, presidentpost.id – Penerbit Gramedia Utama resmi meluncurkan buku hasil karya Prof. Eje Kim yaitu “Happy Yummy Journey” di Jakarta, Sabtu (10/2), bertempat di Gramedia Central Park. Sebelumnya, buku ini juga sudah diluncurkan lebih awal di Bandung, pada November 2017, bertempat di SkyWalk Lounge Trans Luxury Hotel.

Eje Kim adalah profesor dari Seoul National University. Ia adalah seorang ahli geografi yang telah mengunjungi 100 negara di dunia. Saat menekuni studi wilayah Asia Tenggara 20 tahun yang lalu, Eje mulai mengenal dan jatuh cinta pada durian. Pencarian akan durian yang lezat dan orang-orang yang bahagia di Asia Tenggara membuatnya jadi sering mengunjungi Indonesia, dan kemudian jatuh cinta pada Indonesia.

“Banyak orang Korea Selatan yang tidak tahu, bahkan berpikiran buruk tentang Asia Tenggara. Saya pun awalnya seperti itu. Akan tetapi, tahun 2003 saat saya tinggal di Singapura menyelesaikan disertasi, untuk pertama kalinya saya mencicipi durian. Pada saat itu saya merasa ajaib, karena tempat membeli dan makan durian bersama-sama orang lain selalu penuh tawa dan kebahagiaan. Sejak itu pandangan saya terhadap Asia Tenggara
berubah dan saya juga memiliki definisi tersendiri untuk durian, yaitu simbol cinta dan kebahagiaan dengan jelas,”tutur Eje.

Lewat pengalaman-pengalaman yang diceritakannya dalam buku Happy Yummy Journey, Eje menunjukkan bahwa kebahagiaan bisa hadir melalui hal-hal sederhana seperti dengan makan durian atau melihat orang lain bahagia, sebagaimana yang dialaminya ketika bertemu orang-orang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Selain itu, Eje juga ingin menginspirasi pembaca untuk mendobrak sistem nilai sosial yang mengekang dan merendahkan perempuan, serta menyadarkan betapa beruntungnya hidup di tengah masyarakat yang menghargai, serta menjunjung perempuan—yang salah satu inspirasi terbesarnya adalah dari perjalanan di Minangkabau.

“Dalam waktu dekat, akan ada dua buku lagi yang akan saya terbitkan, yaitu Minangkabau Secret dan Dreaming Bandung: City for the Visionary People. Minangkabau Secret menunjukkan kekaguman saya terhadap budaya matriarki Minangkabau yang kuat dan bijak, masakan Padang yang yummy, serta jaringan mereka di Indinesia, Malaysia, Singapura, Brunei dan Eropa. Sementara, buku Dreaming Bandung: City for the Visionary People, merupakan tanda terima kasih saya kepada salah satu kota yang bahagia dan romantis di dunia itu,” tambah Eje.

“Buku Happy Yummy Journey saat ini sudah tersedia di seluruh toko buku dan toko buku online di Indonesia. Buku yang seluruh halamannya dicetak berwarna ini bisa didapatkan dengan harga Rp115.000″ dengan jelas,” ujar Wisnu

“Wahai para perempuan Korea! Saat hidup terasa melelahkan dan kalian hilang harapan, bayangkanlah Pulau Sumatra di Indonesia yang dipenuhi kebahagiaan dan kaya akan durian. Ingatlah kemenangan para perempuan Minangkabau, pembuat masakan Padang yang lezat itu!,” dengan jelas ujar Eje

Durian, kebahagiaan, perempuan. Tiga kata ini tepat mewakili buku Happy Yummy Journey. Penulis tidak hanya menginspirasi pembaca Korea untuk mendobrak sistem nilai sosial yang mengekang dan merendahkan perempuan—yang sangat bertolak belakang dengan gambaran yang dimunculkan dalam banyak drama Korea—tapi juga menyadarkan betapa beruntungnya hidup di tengah masyarakat yang menghargai dan menjunjung perempuan. Dan bahwa kebahagiaan bisa hadir melalui hal-hal sederhana yaitu makan durian atau melihat orang lain bahagia, seperti yang dialami Penulis ketika bertemu orang-orang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia, yang terangkum dalam buku ini. Menikmati Happy Yummy Journey, larut dalam keragaman masyarakat, budaya, dan kuliner, membukakan mata kita bahwa traveling sungguh lebih dari sekadar bertualang dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu Eje Kim juga menyebutkan bahwa “saya sebagai kaum hawa merasakan betul bahwa kaum hawa saat di Minang Kabau sangat dihargai dan dijunjung tinggi,” dengan jelas ujar Eje Kim

Ini juga salah satu yang ditulis Eje Kim dalam buku nya bagaimana mendobrak sistem sosial yang mengekang dan merendahkan Perempuan serta menyadarkan betapa beruntung nya hidup di tengah-tengah orang yang menghargai serta menjunjung tinggi Perempuan.

 

 

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here