Ulas Perkembangan Big Data di Masa Depan, President University Hadirkan Para Pakar IT

0
161

CIKARANG, presidentpost.id – President University bekerja sama dengan SetSail Biz Aceel menggelar seminar bertajuk “Big Data: Future Trend and Implementation” yang berlangsung di Charles Himawan Auditorium, President University, Cikarang, Bekasi, Senin (12/2).

Acara ini hadirkan narasumber antara lain, Big Data Project Director Manager PT Telekomunikasi Indonesia Komang Budi Aryasa, VP of Risk Management Doku Sugiharto, Product Owner Reza Farasdak, VP of Tech Process Management Doku Arthur Purnama.

Komang Budi Aryasa Sedang Jelaskan Perkembangan Big Data Saat Ini

Dalam kesempatannya Komang menjelaskan, perusahaan-perusahaan nomor satu di dunia saat ini sebenarnya adalah perusahaan data, salah satunya adalah Google.

Hampir semua fasilitas yang Google berikan gratis namun netizen atau pengguna internet dengan rela memasukan data-data pribadi. Data-data tersebut nantinya digunakan untuk iklan.

Master of Engineering dari RMIT University Sidney ini mengakui, semakin banyak orang menggunakan smartphone dan menginstall berbagai aplikasi dan mengklik sesuatu, data itu disebut tidak terstruktur.

“Sejak adanya internet, munculah data yang tidak terstruktur. Contohnya seperti tweet di twitter, status di facebook, upload foto di aplikasi instagram, dan berita-berita di internet. Data-data tersebut tidak terstruktur, tidak ada row, tidak ada tabel, tidak bisa dibaca,” kata Komang.

“Dalam keadaan tidak terstruktur tersebut dan datanya menumpuk sangat banyak, inilah yang disebut big data. Datanya banyak namun orang yang bisa mengolahnya sedikit, maka data itu tidak akan jadi apa-apa,” lanjutnya.

Ia menuturkan kalau kompetensi yang dibutukan dalam mengolah ini adalah adalah IT, Statistik atau Matematika, Bisnis, dan story telling (Orang design, orang kreatif, orang yang mampu menceritakan kembali hasil analisa). Orang yang menguasai hal ini disebut data scientist.

Scientist tidak mudah untuk ditemukan sehingga biasanya akan digaji mahal. Namun perlu diperhatikan pada saat mengolah data tidak boleh melanggar privasi sesorang, menurut Komang, prosesnya harus memenuhi aturan-aturan perundang-undangan.

“Untuk memulai big data, saya dulu menggunakan open source. Kita bisa memulainya dengan open source. Murah kok. Salah satu implementasi dari big data adalah customer profile,” jelasnya.

Sugiharto

Sementara itu Sugiharto memberi tanggapan bahwa tren Big Data saat ini sangat-sangat berkembang dan sangat dibutuhkan oleh siapapun.

“Apalagi sekarang sedang marak peer to peer lending. Mereka menganalisa calon-calon nasabahnya dan mereka butuh urusan cepat, biasanya mereka akan mencari perusaahan yang punya data related ke customer tersebut,” katanya.

Nantinya orang tersebut akan dinilai secara sistem apakah orang tersebut diperbolehkan diberi dananya atau tidak.

Sugiharto juga menambahkan, “Kemudian, tren yang lainnya adalah tren behaviour dari perilaku orang di media sosial seperti apa. Misalnya daerah mana sih yang paling banyak menyebutkan kopi.”

Keterkaitan Doku dengan big data ini, menuntut akan adanya proteksi fraud. Sistem itu sendiri menurutnya menggunakan Fraud Detection System.

“Berkaitan dengan big data, Kita menggunakan sistem Fraud Detection System, yaitu untuk menganalisa fraud transaksi yang terjadi di Doku. Pada awalnya di 2010, kita gunakan sistem manual jadi orang akan menganalisa transaksi masuk dan mengecek ini memerlukan waktu 5-10 menit,” ujar Sugiharto.

JB Susetyo Direktur Internship & Career Center (ICC) President University

Direktur Internship & Career Center (ICC) President University JB Susetyo menuturkan bahwa, Kegiatan seminar seperti ini akan menjadi kegiatan penting dan akan rutin digelar. Setiap prodi sekurang-kurangnya dalam satu semester akan mengadakan kegiatan yang sama.”

“Kami ingin seimbangkan antara tataran teori yang didapat di kampus dengan tataran praktek yang banyak didatangkan oleh praktisi sehingga menutupi kesenjangan antara tataran teori di dunia kampus dengan praktis,” jelasnya. (Harwin/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here