Data Scientist, Profesi yang Kian Menjanjikan

0
69

CIKARANG, presidentpost.id – Seiring dengan berkembangnya tren big data di Indonesia, profesi data scientist pun kian menarik minat banyak perusahaan. Banyak perusahaan besar saat ini berlomba-lomba untuk merekrut tenaga data scientist bergabung dengan perusahaan mereka.

“Di masa depan kita itu sangat membutuhkan orang-orang yang mampu mengolah big data. Namun sayangnya, orang-orang yang mampu mengolah data ini masih sulit ditemukan,” ujar Komang Budi Aryasa, Big Data Project Director, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, pada saat mengisi kegiatan Guest Lecturer di President Universty (12/2).

Profesi yang mampu mengolah data dalam skala besar itu disebut sebagai data scientist. Seorang data scientist dituntut untuk mampu mengolah data secara handal sebab kemampuan itu akan sangat diperlukan oleh banyak perusahaan.

“Karena semakin kita handal dalam mengolah data, maka gaji kita akan semakin tinggi, dan semakin banyak penawaran bekerja dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang mampu mengolah data tersebut, baik perusahaan dalam negeri maupun perusahaan dari luar,” tambah Komang.

Menjadi seorang data scientist diperlukan latar belakang pendidikan IT dan ilmu statistika. Selain itu, seorang data scientist pun harus memahami mengenai bisnis dan design. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan dalam menemukan seorang data scientist, sebab tidak semua orang dapat menguasai banyak keahlian sekaligus.

Untuk mengatasi sulitnya mendapatkan seorang data scientist, Komang selaku big data project director, membentuk sebuah grup data scientist. Grup tersebut terdiri dari grup IT, grup bisnis, grup statistik, dan grup design.

“Tantangan dari profesi data scientist itu adalah tidak semua orang dapat menguasai banyak hal sekaligus. Sehingga kita mencari cara lain dengan menjadikan data scientist sebagai grup. Grup data scientist itu terdiri dari grup-grup yang menguasai IT, bisnis, statistik, dan design,” jelas Komang.

Beliau juga memotivasi para mahasiswa agar memiliki banyak pengalaman dalam mengolah data.

“Pada saat kita bekerja di dunia industri, data yang akan dikerjakan itu berjumlah milyaran row. Oleh sebab itu, sangat diperlukan pengalaman dalam mengolah berbagai data,” tutup Komang dalam kegiatan guest lecture ini.

Kegiatan Guest Lecture ini bertopik, “Big Data : Future Trend and Implementation”. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Charles Himawan, President University, Cikarang, Bekasi. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Faculty Computing President University , Event Department, Internship and Career Center (ICC), serta Setsail Bizaccel.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Arthur Purnama, VP of Tech Process Management DOKU; Sugiharto, VP of Risk Management DOKU; serta Reza Farasdak selaku Product Owner DOKU. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here