JAPFA Terus Mengkampanyekan Anak Indonesia Bersih dan Sehat

0
308
foto : tribunnews.com

JAKARTA, presidentpost.id – Melanjutkan komitmen JAPFA untuk terus mengkampanyekan Anak Indonesia Bersih dan Sehat, program JAPFA4Kids secara intensif kembali digelar di awal tahun 2018 ini.

Lokasi pertama yang dipilih ialah area bisnis anak usahanya, PT Ciomas Adisatwa di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.  JAPFA mengajak 9 sekolah dasar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Melalui program JAPFA4Kids, harapannya dapat mendorong perubahan perilaku anak-anak untuk memulai hidup bersih dan sehat.

Bagaimanapun kesadaran anak-anak akan hal tersebut dapat memicu meningkatka kesehatannya, serta mewujudkan lingkungan sehat.

JAPFA melatih anak-anak untuk menjadi duta perubahan, dengan tiga jenis pelatihan, yaitu pelatihan Duta Makanan Sehat, pelatihan Duta Anak Sehat, dan pelatihan Duta Lingkungan Sehat.

Diikuti oleh sekitar 40 siswa dalam setiap pelatihan, para duta inilah yang akan menjadi agen-agen perubahan bagi teman dan lingkungan di sekitarnya dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Dengan melakukan pendekatan kepada para duta tersebut, berfokus pada Pelatihan Duta Lingkungan Sehat untuk mengembangkan sekolah menjadi tempat yang sehat dan nyaman, serta menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi anak-anak.

“Pelatihan ini menjadi titik awal perubahan bagi anak-anak Sekolah Dasar di Desa Pekiringan Alit, Pekalongan, mengingat bahwa perubahan yang baik dapat dimulai sejak usia dini” Ujar Nurudin Zuhri, Head of Region Jawa Tengah 1, PT Ciomas Adisatwa dalam pernyataan persnya, Senin(12/2), mengutip dari tribunnews.com

Selain siswa, JAPFA juga memberikan pelatihan kepada guru demi mendukung penguatan sistem yang berlaku di sekolah.

Pelatihan ini berupa pelatihan manajemen tata kelola sekolah berbasis manajemen Jepang yang dikenal dengan istilah Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S).

Bertempat di SDN 01 Gandarum, kegiatan dibuka dengan penandatangan MoU JAPFA dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Sumarwati, S.Pd., M.AP., JAPFA dengan Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Bidang Promosi Kesehatan, dr Ida Sulistiani

Kemudian penandatanganan MOU dilanjutkan dengan masing-masing Kepala Sekolah dari sembilan sekolah peserta JAPFA4Kids Pekalongan. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi yang turut hadir dalam kegiatan ini.

“Melalui pelatihan ini JAPFA menanamkan perilaku hidup yang bersih untuk memastikan perubahan terjadi di sekolah dan berkesinambungan. Kami akan menempatkan dua orang fasilitator untuk menjadi pendamping bagi sekolah untuk mendorong terjadinya perubahan,” ujar R Artsanti Alif, Head of Social Investment Department JAPFA, mengutip dari tribunnews.com

Harapannya pelatihan ini menjadi pondasi pengetahuan yang nantinya dikuatkan kembali selama masa pendampingan.

“Pelatihan juga didesain agar menyentuh semua warga sekolah sehingga perubahan dapat terjadi secara berkesinambungan,” imbuhnya, mengutip dari tribunnews.com

Bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kajen, JAPFA berfokus pada pembentukan kesadaran siswa akan pentingnya membiasakan hidup bersih serta baiknya memelihara kesehatan melalui perilaku sehari-hari di sekolah maupun di rumah.

Selama masa pendampingan, Artsanti menambahkan, JAPFA mendorong sekolah untuk membuat komite sekolah yang nantinya bertanggungjawab untuk melaksanakan program.

Komite ini yang akan memastikan perubahan di sekolah. Setidaknya dua aspek yang didorong untuk berubah yaitu mendorong terbentuknya perilaku hidup bersih dan terbentuknya sekolah sehat.

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan serta produksi vaksin hewan, JAPFA akan terus mendukung generasi penerus Indonesia, sesuai dengan visi perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”, mengutip dari tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here