Angkasa Pura II Kucurkan Rp748 Miliar untuk Ganti Rugi Pembebasan Lahan Landasan Pesawat

0
488
Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

TANGERANG, presidentpost.id – PT Angkasa Pura II menyiapkan dana Rp 4 triliun untuk ganti rugi pembebasan lahan, terkait pembangunan landasan pesawat (runway) 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Namun, menurut Ketua Tim Pembebasan Tanah Bandara Soetta Bambang Sunarso, baru seperempat dari total anggaran tersebut yang digunakan.

“Kami telah mengucurkan dana sebesar kurang lebih Rp 748 miliar untuk pengadaan lahan runway 3 Bandara Soetta. Sebanyak Rp 95,211 miliar di antaranya merupakan ganti kerugian yang dititipkan (konsinyasi) di Pengadilan Negeri Tangerang,” ujar Bambang, Selasa (20/2).

Menurutnya, total bidang lahan yang ganti kerugiannya sudah dibayarkan sebanyak 544 bidang tanah, atau 26,07 persen dari 169,70 hektare lahan yang dibutuhkan.

“Total nilai ganti kerugian sudah diberikan, termasuk bidang yang konsinyasi di PN Tangerang. Dari total bidang yang konsinyasi, sebagian telah diambil oleh penerima ganti kerugian,” ungkapnya.

Bambang menerangkan, pemilik 15 bidang tanah sudah mengambil uang konsinyasi di Pengadilan Negeri Tangerang, dengan total senilai Rp 31,576 miliar.

“Total bidang yang dikonsinyasi ke PN Tangerang sebanyak 42 bidang. Lahan tersebut berada di Desa Bojong Renged sebanyak 25 bidang, Kelurahan Selapajang Jaya 12 bidang, dan Kelurahan Benda 5 bidang,” papar Bambang.

Luas tanah yang konsinyasi di pengadilan seluas 80.178 meter persegi. Bidang paling luas berada di Desa Bojong Renged dengan luas kurang lebih 4,4 hektare.

“Progress pembebasan lahan terus berjalan. Kami tengah memproses bidang lahan yang telah menyetujui bentuk nilai ganti kerugian yang ditetapkan oleh tim appraisal,” paparnya.

Ia menyebut, terakhir pihaknya melakukan pembayaran ganti kerugian terhadap lahan seluas 15,75 hektare pada Kamis (15/2) lalu. Rinciannya, 8,20 hektare lahan di Desa Rawa Burung, dan 7,55 hektare di Desa Rawa Rengas.

“Runway 3 dengan panjang landasan 3.000 meter dan lebar 60 meter ini ditargetkan rampung pada April 2018,” papar Bambang. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here