Mempelajari Pendanaan Start-Up Lebih Dalam Dengan CEO Lawble

0
52

CIKARANG, presidentpost.id – Program Studi Hukum President University (PresUniv) menyelenggarakan kuliah tamu yang bertema “How Start-up Funding Works” yang dilaksanakan di B106, Gedung B, kampus President University, berlokasi di Jababeka Education Park, Kota Jababeka, Cikarang (20/2). Acara tersebut menghadirkan Charya L. Rabindra, CEO and Co Founder of Lawble.com, dan setidaknya 30 mahasiswa dan dosen.

Menurut Charya, hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun start-up adalah proses pemadatan ide bisnis ke dalam rencana bisnis yang dapat dieksusi. Setelah selesai, pendirinya perlu mencari co-founder untuk membantu melaksanakan rencana tersebut.

“Co-founder sangat penting, kita perlu mencari orang yang bukan hanya pintar tapi juga memiliki visi yang sama dengan kita. Itu yang paling penting,” kata Charya.

Charya menjelaskan tahapan dalam mendapatkan dana; keluarga dan teman, Seed Funding, dan Penawaran Umum Perdana. Dana dari keluarga dan teman adalah sumber termudah yang bisa diselesaikan kurang dari bulan dari awal sampai akhir. Setelah itu, perusahaan akan mencari investor yang berinvestasi dengan imbalan saham di perusahaan, biasanya disebut seed funding.

Seed funding dapat dilakukan dalam banyak tahap, biasanya disebut Seri A, B, C dan sebagainya. Begitu perusahaan berhasil dalam serangkaian seed funding, perusahaan akan melakukan Penawaran Umum dimana saham tersebut dijual ke publik.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama dengan mahasiswa. (PresUniv/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here