Barata Indonesia Jalin Kerjasama dengan Siemens di Bidang Unit Turbin

0
262
kementerian BUMN

JAKARTA, presidentpost.id – Kerjasama di bidang unit turbin telah terjalin antara PT Barata Indonesia dengan Pihak Siemens Aktiengesellschaft. Yang mana Barata Indonesia akan menjadi mitra strategis bagi turbin yang di produksi Siemens AG, khususnya untuk Industri Gula.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Barata Indonesia  (Persero) Silmy Karim dan pihak Siemens AG diwakilkan oleh Simon Kemnitzer serta disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta pada Selasa (20/03).

“Dengan terjalinnya kerjasama ini, semakin mengukuhkan posisi Barata Indonesia sebagai perusahaan yang eksis di bidang industri gula. Selain itu, ini juga menjadi peluang yang baik bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi guna mendukung kompetensi yang selam aini sudah ada,” ujar Silmy Karim dalam sambutannya.

Dipilihnya Barata Indonesia sebagai mitra strategis oleh Siemens AG bukan tanpa alasan. PT Barata  Indonesia (Persero) sebagai BUMN  yang bergerak di tiga lini usaha yakni Foundry/Pengecoran, Manufaktur, Peralatan Industry berat serta proyek-proyek konstruksi itu memiliki pengalaman panjang di industri gula di Indonesia, yakni sejak zaman kolonial Belanda dan memiliki kapabilitas di bidang perawatan dan produksi komponen pabrik gula hingga pembangunan pabrik gula lengkap dengan kapasitas mencapai 15.00 TCD.

Selain itu, guna percepatan penguasaan teknologi, juga dilakukan kerja sama meliputi program capacity building SDM Barata melalui program internship serta pelatihan dalam bidang terkait.

“Kerjasama ini bersifat jangka panjang dan merupakan salah satu wujud program Pemerintah yaitu peningkatan lokal konten dimana sebelumnya Siemens dan PT Barata melakukan kerjasama di bidang Pembangkit Listrik dan sekarang dikembangkan menuju peralatan industri gula. Kedepannya, kemampuan PT Barata akan ditingkatkan untuk menjadi global supply chain Siemens.” terang Fajar Harry Sampurno Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, Kementerian BUMN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here