Wakil Gubernur DKI Jakarta Targetkan Penambahan 50 MW Pasokan listrik di Kepulauan Seribu

0
190
twitter.com/sandiuno

JAKARTA, presidentpost.id- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menargetkan  di Kabupaten Kepulauan Seribu sebesar 50 megawatt (MW) dapat tercapai dalam waktu lima tahun.

“Targetnya, dalam lima tahun ke depan. Kita akan hadirkan suatu rencana yang bisa tereksekusi dengan baik. Kita inginnya cepat karena melibatkan dunia usaha langsung. Disini sudah ada beberapa pengusaha yang siap berinvestasi,” kata Sandiaga di acara Forum Grup Diskusi (FGD) Kelistrikan Kepulauan Seribu, Jakarta, dikutipdari beritasatu.com, Selasa (20/3).

Menurut Sandiaga, hingga saat ini, sudah ada 16 pulau yang dialiri listrik dari total 105 pulau. Pihaknya mengharapkan, FGD dapat memberikan masukan kepada Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah, dan tim dari PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP), agar dapat menentukan langkah konkrit untuk mengaliri listrik di seluruh pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

“Fokusnya sih di pulau-pulau yang memiliki populasi. Karena 105 itu kan banyak yang tidak ada populasinya. Namun, kalau misalnya kita fokus yang potensial karena akan hadir resort berskala internasional di sana. Itu yang menjadi prioritas kami,” terangnya.

Untuk penambahan pasokan listrik, Sandiaga mengatakan, pihaknya akan mendukung pembangkit tenaga listrik yang berbasis energi surya, bayu atau angin dan berbasis sampah.

Mengenai anggaran pembangunan pembangkit tenaga listrik dengan energi baru terbarukan (EBT), Sandiaga mengungkapkan, akan menggunakan skema pembiayaan public private partnership (PPP).

“Yang perlu digarisbawahi adalah kolaborasi dengan PLN. Dan bagaimana nanti PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai inisiator juga pemrakarsa bisa punya keleluasaan untuk menjadi mesin penggerak bagi pembangunan kepulauan Seribu,” jelasnya.

Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah, mengharapkan, dari FGD ini akan menemukan beberapa pulau yang akan difokuskan menjadi tempat pembangunan pembangkit listrik.

“Mudah-mudahan dalam lima tahun ini kita bisa lakukan percepatan sehingga semua pulau yang berpenghuni dapat dialiri listrik dengan baik,” kata Irmansyah. (Beritasatu/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here