Astra Keluarkan Dana Rp200 Miliar Bina Sekolah di Indonesia

0
905
netralnews.com

JAKARTA, presidentpost.id – PT. Astra International melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) sejak tahun 2006 hingga kini telah memberikan donasi sebesar Rp52,3 miliar untuk membina sekolah di Lampung.

Sekretaris YPA-MDR Kristanto, menjelaskan YPA-MDR melalui program CSRnya telah memberikan donasi sejumlah itu untuk membina 10 SD dan dua SMP di Lampung. Secara total, YPA-MDR telah memberikan donasi kurang lebih sebesar Rp200 miliar dengan membina 67 sekolah negeri, 906 guru dan 16.058 siswa.

Ia merinci, sumbangan tersebtu untuk 54 SD, 9 SMP dan 4 SMK yang terletak di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, dan Serang. “Kami memilih sekolah yang daerahnya masih pra sejahtera,” ujar Kristanto, dalam siaran persnya, Sabtu (24/3)

Ia menjelaskan, program bantuan yang diberikan oleh YPA-MDR kepada sekolah-sekolah binaan berupa, pembinaan yang meliputi empat pilar yakni pembinaan akademis, pendidikan karakter, kecakapan hidup dan seni budaya menuju kepada sekolah swapraja.

Selanjutnya, sarana penunjang pendidikan seperti buku pelajaran untuk siswa, buku pegangan untuk guru, buku perpustakaan, perangkat UKS serta alat peraga dan media pembelajaran.

Kemudian, penambahan prasarana ruangan dan renovasi gedung sekolah berikut mebel agar kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.

Kristanto menjelaskan, sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan.

Khususnya di daerah agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here