Rusia Tawarkan Kerjasama di Sektor Telekomunikasi dan Antariksa

0
240

JAKARTA, presidentpost.id – Rusia telah menyampaikan tawaran terkait dengan rencana kerja sama dalam bidang telekomunikasi dan kedirgantaraan, dengan menawarkan sejumlah produk di sektor telekomunikasi dan antariksa yang mereka miliki.

“Intinya mereka (Rusia) menyampaikan semacam penawaran, dan penjelasan terhadap produk-produk antariksa mereka, mulai dari yang berkaitan dengan antariksa sepenuhnya, peluncuran-peluncuran roket dan juga untuk telekomunikasi,” kata Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, seperti dikutip dari wartaekonomi.co.id, Sabtu.

Abdul Kharis mengemukakan hal tersebut setelah Komisi I DPR membahas rencana kerja sama tersebut dengan delegasi dari Rusia di DPR RI, Jakarta, Rabu (21/3).

Dalam kesempatan ini, Kharis didampingi segenap Pimpinan Komisi I DPR RI, seperti Meutya Viada Hafid (F-PG), Asril Hamzah Tanjung (F-Gerindra), Bambang Wuryanto (F-PDI Perjuangan), dan Hanafi Rais (F-PAN), serta hadir juga Anggota Komisi I DPR RI Budi Youyastri (F-PAN).

Ketua Delegasi Rusia adalah Director of Bussiness Development Roscosmos (BUMN Rusia) Anna Kudryavtseva didampingi Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia Oleg V. Kopylov.

Dalam pertemuan, ujar Kharis, Rusia menyampaikan sangat siap untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia di bidang telekomunikasi, yang juga merupakan wilayah kerja Komisi I DPR RI.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Rusia sangat ingin menjalin persahabatan dengan melakukan kerja sama di bidang telekomunikasi.

“Saya kira ini berkaitan dengan Kemenkominfo, dan Kemenkominfo punya rencana untuk mengembangkan telekomunikasi. Sepanjang nanti sesuai atau seperti yang diinginkan Kemenkominfo, saya kira kita tunggu,” katanya.

Ia juga mengemukakan bahwa tawaran itu tentu saja tidak hanya datang dari Rusia, tetapi juga terdapat dari vendor lain atau negara lain yang juga menawarkan teknologi serupa.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan rencana kedatangan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin ke Indonesia dalam waktu dekat, yang diperkirakan sebelum akhir tahun ini. (TPP/Eva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here