Harga Emas Tercatat Masih Tinggi Sejak Minggu Lalu

0
288

JAKARTA – presidentpost.id – Harga emas terkoreksi setelah melonjak di akhir pekan lalu. Senin (26/3) pukul 7.51 WIB, harga emas untuk pengiriman Juni 2018 di Commodity Exchange terkoreksi 0,18% ke level US$ 1.353,30 per ons troi.

Meski terkoreksi dari posisi akhir pekan, nilai emas masih melonjak jika dibandingkan dengan harga sepekan lalu. Harga emas masih 2,26% lebih tinggi ketimbang Senin pekan lalu yang ada di US$ 1.323,40 per ons troi.

Kekhawatiran perang dagang yang mencuat Jumat pekan lalu menyebabkan harga melonjak 1,69% dalam sehari ke US$ 1.355,70 per ons troi. Tapi, harga ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan harga tertinggi emas di tahun 2018 pada level US$ 1.373,40 per ons troi yang tercapai pada 25 Januari lalu.

Kenaikan harga emas akhir pekan lalu berkebalikan dengan pasar saham, nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) dan US treasury yang turun. “Pasar mencari safe haven untuk sementara,” kata Peter Fertig, analis Quantitative Commodity Research kepada Reuters akhir pekan lalu.

Setelah lonjakan tinggi, pasar pun mengerem kenaikan lewat profit taking. Apalagi, pekan lalu Federal Reserve mengindikasikan bahwa kenaikan suku bunga acuan tahun ini tidak akan seagresif dugaan pasar. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here