Disporapar Kendal Adakan Kompetisi Wirausaha Muda Pemula

0
265
jatengprov.go.id

KENDAL, presidentpost.id – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal akan mengadakan Kompetisi Wirausaha Muda Pemula. Pendaftaran bisa langsung ke kantor Disporapar Kendal di Jalan Soekarno Hatta Jambearum Patebon Kendal. Kegiatan ini diawali dengan prakualifikasi yang pendaftarannya mulai 22 Maret sampai 12 April 2018.

Syarat utama peserta yaitu berusia 16-30 tahun dan memiliki usaha rintisan pemula, baik perseorangan maupun kelompok. Seleksi tahap pertama berupa seleksi administrasi dan proposal yang hasil seleksinya akan diumumkan tanggal 13 April 2018.

Selanjutnya seleksi wawancara prakualifikasi tanggal 17-19 April 2018 yang akan diadakan di Tirto Arum baru Kendal. Seleksi tahap akhir adalah survey lokasi dan verifikasi usaha peserta yang akan dilakukan pada 24-26 April 2018.

Kabid Kepemudaan pada Disporapar Kendal, Sri Bagus Darmoyo mengatakan, peserta harus memiliki rintisan usaha, sehingga akan dilakukan tinjauan tempat usahanya. Tinjauan tempat usaha dilakukan untuk memastikan peserta tersebut memiliki usaha.

Selain itu, peserta harus benar-benar berusia 16-30 tahun, karena kompetisi ini khusus untuk pemuda yang batas usianya maksimal 30 tahun. “Kompetisi ini kan sebagai persiapan atau seleksi untuk kompetisi tingkat Provinsi Jawa Tengah, sehingga seleksi administrasi harus ketat,” katanya, dikutip dari jatengprov.go.id.

Sri Bagus mengatakan, panitia hanya akan mengambil 50 peserta yang akan diajak melakukan kunjungan wirausaha di luar daerah yang rencananya akan dilakukan pada 8 Mei 2018. Daerah yang akan dikunjungi adalah daerah yang kelompok wirausahanya maju, baik dalam hal produksi maupun manajemen dan pemasarannya. “Tujuan kunjungan lokasi wirausaha itu sebagai study banding yang nantinya bisa diterapkan atau dicontoh supaya wirausahanya bisa berkembang,”jelasnya.

Kompetisi wirausaha muda ini bekerja sama dengtan KNPI dan Hipmi Kendal. Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mengatakan, dari kegiatan kompetisi teknopreneur atau wirausaha muda pemula ini diharapkan akan bisa memicu anak-anak muda Kendal untuk menekuni bidang wirausaha. “Suatu daerah akan maju, jika wirausahanya maju. Melalui wirausaha juga akan membuka lapangan pekerjaan,” katanya. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here