SilkChain Dilansir: ITDC Rumuskan Ulang Perdagangan Global dengan Sistem Perdagangan Berdasarkan Blockchain

0
291
bl4nkcode.info

SINGAPURA, presidentpost.id – SilkChain, proyek blockchain pertama yang ditujukan untuk peningkatan perdagangan internasional, telah dilansir di Singapura, sebuah tonggak penting bagi pengembangnya, International Trade Digitalization Commission (ITDC), dalam upaya mewujudkan sistem perdagangan global yang lebih adil dan bebas dalam era digital, Rabu (4/4).

Mengambil nama Jalur Sutra kuno yang memfasilitasi perdagangan antara Tiongkok dan dunia Barat, SilkChain merupakan platform smart contract generasi baru dengan teknologi blockchain untuk menghapus berbagai kendala yang memperberat sistem perdagangan saat ini, serta membangun zona perdagangan bebas digital yang terdesentralisasi dan global.

Jaringan digital SilkChain bisa meningkatkan efisiensi dan memangkas biaya transaksi melalui sistem otentikasi serta standar smart contract bagi perdagangan global, bahkan seiring dengan peningkatan volume perdagangan. “Tatanan perdagangan internasional kian tersebar dan permintaan akan layanan perdagangan berefisiensi tinggi dan berbiaya rendah semakin berkembang dengan sangat pesat,” ujar Kevin Fenn, Salah Satu Pendiri SilkChain, juga Pendiri dan Chairman, DinoRiver (OSell World).

Berdasarkan prinsip desentralisasi, keterbukaan dan saling menguntungkan, SilkChain telah membuat sebuah ekosistem dengan menarik minat berbagai penyedia jasa, pengembang, komunitas open-source, entitas perdagangan dan perusahaan dunia, untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan dengan berbagai layanan lokal.

Platform canggih ini akan meningkatkan berbagai bisnis di seluruh dunia agar membangun sistem kredit selaras dan mendukung penyimpanan informasi, pembayaran dan pelunasan transaksi, keterbukaan rantai pasokan, quality tracing dan aplikasi keuangan. Hal-hal tersebut berpeluang merumuskan ulang sistem perdagangan global.

SilkChain baru-baru ini menuntaskan penggalangan dana dari sekelompok angel investors termasuk JLab, GSR Capital, Tracing Capital, btc123.com, Nebulas, Cybermiles (5miles), 8btc.com dan worldico.

Proyek ini juga telah meraih pengakuan dan investasi dari berbagai perusahaan e-commercelintasnegara seperti DinoRiver (OSell World), dan beberapa perusahaan raksasa termasuk Al-Mobty Group asal Arab Saudi, Dragon City dari Bahrain, Great Way dari Amerika Serikat, CEA Business Center dari Amerika Serikat dan E-NET asal Dubai.

SilkChain, dikembangkan oleh ITDC, merupakan proyek blockchain pertama yang ditujukan untuk peningkatan perdagangan internasional. Proyek ini telah menghimpun sejumlah grup bisnis terkemuka dunia; perusahaan perdagangan; perusahaan e-commerce; dan logistik, berbagai perusahaan warehousing dan keuangan dari seluruh penjuru dunia.

SilkChain bervisi mewujudkan “Zona Perdagangan Bebas Blockchain” yang terdesentralisasi, terbuka, transparan dan tepercaya. Menjadikan Jalur Sutra sebagai model, ITDC menamakan jaringan digital ini SilkChain. (PRN/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here