Mudik Gratis Bersama BUMN

0
298

JAKARTA, presidentpost.id – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendukung penuh program Mudik Gratis Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun 2018 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Perseroan yang bergerak di bidang pelayanan jasa angkutan jalur laut ini menyediakan sekitar 2.100 kursi bagi peserta mudik gratis di tiga lintasan yang berada di wilayah Indonesia Timur.

Direktur Komersial ASDP Indonesia Ferry (Persero) M Yusuf Hadi menjelaskan, tiga kota tersebut adalah Ternate, Baubau, dan Ambon. Ketiga kota tersebut memiliki jumlah slot kuota penumpang yang berbeda. Untuk Ternate akan tersedia 900 tiket mudik gratis dengan rute Bastiong-Rum. Sementara untuk Baubau dengan rute Torobolu-Tampo tersedia 600 tiket gratis. Lalu, terakhir untuk kota Ambon dengan rute Galala-Namlea tersedia 600 tiket mudik gratis.

“Untuk ASDP, target mudik bareng 2.100 pemudik gratis. Ambon, Baubau, dan Ternate. Tiga tempat itu kita pilih karena kalau di Pulau Jawa sudah banyak yang melayani makanya perhatian kita lebih ke Timur. Untuk Ternate akan tersedia 900 tiket mudik gratis, Baubau 600 tiket gratis, dan Ambon tersedia 600 tiket mudik gratis,” jelas M Yusuf Hadi di Pelabuhan Merak Banten, Senin (9/4), seperti yang dikutip dari wartaekonomi.co.id.

Dirinya melanjutkan, program Mudik Gratis ini akan dibuka pendaftarannya pada H-7 Hari Raya Idul Fitri.

Sebagaimana diketahui, program Mudik Gratis ini bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi yang lebih nyaman dan aman seperti dengan menggunakan bus, kereta api, atau kapal laut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan.

ASDP juga sudah menjalin sinergi dengan empat BUMN dalam mendukung program mudik gratis. Tercatat, PT Bukit Asam Tbk telah memesan tiket untuk 500 orang pemudik pada lintasan Merak-Bakauheni. Kemudian, PT Jasindo (Persero) memesan tiket untuk 300 orang pemudik pada lintasan Surabaya-Lembar. PT Antam Tbk memesan tiket untuk 500 orang pemudik dan 500 tiket arus balik pada lintasan Bastiong-Rum di Ternate, Maluku Utara. Perum Bulog juga telah menjajaki rencana memesan tiket pada lima lintasan yang dikelola ASDP. Jumlah tersebut masih bersifat sementara dan masih berpotensi meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah BUMN yang berpartisipasi dalam program mudik gratis ini.

“ASDP mendukung penuh inisiasi Kementerian BUMN dalam menggalakkan penggunaan moda transportasi ferry untuk angkutan mudik gratis. Diharapkan ke depannya moda ferry menjadi pilihan utama masyarakat,” pungkas Yusuf. (Eva/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here