Gubernur Jawa Barat: Media Menghadirkan Gagasan Untuk Masa Depan Jawa Barat

0
311
tribunnews.com

BANDUNG, presidentpost.id¬†– Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher, ikut menandatangani ‘Deklarasi Netralitas dan Independensi Pers dalam Pilkada dan Pemilu’, di Gedung Sate, Selasa (10/4).

Ia mendukung deklarasi ini dan berharap kinerja wartawan semakin baik.

“Ini sangat baik, komitmen bagus yang mengembalikan media sebagai kekuatan demokrasi sebagai pilar demokrasi yang keempat,” ujar Aher, dikutip dari tribunnews.com.

Aher berharap, wartawan dapat menulis berita positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tulisan kritis, kata Aher, juga dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi kritik harus bersifat etis yang disampaikan melalui metode jurnalistik yang benar.

Tujuannya agar masyarakat tetap mendapat informasi yang sehat.

“Media harus memberitakan fakta media. Paling tidak sudah¬†cover both side, mengonfirmasi semua pihak,” ujarnya.

Berhubungan dengam Pilkada, peran media sangat besar membentuk opini masyarakat. Sehingga media harus berimbang dalam memberitakan.

Media harus menonjolkan gagasan masing-masing calon kepala daerah.

“Media menghadirkan gagasan untuk masa depan Jawa Barat. Masyarakat membaca, informasi disampaikan utuh, maka itu bagian dari cara masyarakat memilih calon pemimpin yang punya gagasan bagus,” ujarnya.

Deklarasi tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan media dan organisasi pers.

Selain Aher, Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Perwakilan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) juga menandatangani deklarasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here