Pemda DIY Gelar Dialog Interaktif Jogja Istimewa Bahas Kapasitas Perempuan

0
313
kompasiana.com

YOGYAKARTA, presidentpost.id – Masalah perempuan bukanlah hanya tidak diberi ruang dan kesempatan dalam bergerak, namun kadangkala ada perempuan itu sendiri yang tidak mau maju. Demikian dikatakan oleh Nelly Tristiana, Skes, NS, Kepala Bidang P3 (Penggerak Partisipasi Perempuan), BPPM DIY pada Dialog Interaktif Jogja Istimewa di Jogja TV pada Kamis (12/4).

Untuk itu Pemda DIY dalam hal ini BPPM mempunyai program untuk hal ini dengan adanya pelatihan Kapasitas Perempuan agar perempuan bisa dan mau terlibat dalam pengambilan keputusan dalam sektor pembangunan.

Dalam jaman milenial sekarang ini perempuan dituntut untuk berperan tidak hanya peran secara kodrati saja namun lebih dari itu, yaitu perempuan harus juga pada posisi di luar kodrati. Hal ini mengandung dua arti, di satu sisi bisa merupakan peluang di sisi lain juga merupakan sebuah ancaman bagi perempuan itu sendiri.

Perempuan jaman now juga dituntut memenuhi kebutuhan rumah tangganya, tandas Nelly. Anak-anak mereka yang lahir di era mileal inipun hidup dalam dunia teknologi yang luar biasa, inilah merupakan permasalahan-permasalahan yang hidup dalam kodrati perempuan. Dengan demikian bersama suami harus bisa berbagi tugas di dalam keluarga.

Dialog yang diselenggarakan oleh Bidang Humas Diskominfo DIY yang bekerja sama dengan Jogja TV ini mengusung tema “Melalui Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Ibu Sebagai Pendidik Pertama dan Utama Dalam Keluarga” yang merupakan tema sentral dalam peringatan Hari kartini tahun 2018 ini. Hal Itu dikemukan oleh Ketua Persit kartika Candra Kirana Koorcabrem 072, Desi M Zamroni yang juga merupakan Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini Tahun 2018.

Di akhir sesi dalam kesempatan tersebut Nelly Tristiana mengemukakan harapannya kepada perempuan yaitu “ Perempuan yang hebat adalah yang bisa mengepakkan sayap setinggi-tingginya, namun dia akan kembali juga ke pelukan anak-anak dan suami.”

Talk show ini dihadiri oleh lima komponen anggota organisasi  Wanita DIY, yaitu Dharma Wanita, BKOW, TP Penggerak PKK, Dharma Pertiwi serta  Bhayangkari dan dimeriahkan dengan alunan lagu dan musik oleh Aji and Friend dan dipandu oleh Angga Prastowo. (TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here