Mahasiswa Desain Komunikasi Visual President University Menyelenggarakan Kompetisi Seni dan Pameran “ACE”

0
111
Foto: president.ac.id

CIKARANG, presidentpost.id – Program Studi Desain Komunikasi Visual (VCD) President University menyelenggarakan Kompetisi Seni dan Pameran “ACE” yang pertama pada 21-25 Maret 2018 di President University yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang.

Acara kreatif ini bertujuan untuk menyajikan keterampilan dan kreativitas siswa VCD dalam menyampaikan wawasan tersembunyi mereka, terutama pesan sosial, dalam beberapa cara kreatif. Ada tiga rangkaian acara yaitu: Pameran, Kompetisi Seni, dan Seminar.

Sebagai program studi baru dengan pengetahuan unik dibandingkan dengan bidang studi lain yang berasal dari sains, VCD mengharapkan pameran ACE dapat mengungkap wawasan akademisi dan pengunjung tentang kekuatan seni dan dunia desain.

Karya-karya kreatif yang ditampilkan dalam pameran adalah tugas kelas siswa dari VCD angkatan 2015, 2016 dan 2017, termasuk proyek akhir (tesis) dari siswa VCD 2014. Ada berbagai teknik visualisasi seperti ilustrasi, gambar tangan, komposisi visual, fotografi, dan desain buku. Selain itu, ada juga karya seni di layar seperti animasi dan multimedia kreatif.

Kompetisi Seni bertujuan untuk memperkenalkan budaya kreatif akademik kepada siswa sekolah menengah atas. Ada banyak sekolah menengah dari berbagai kota seperti Jakarta, Palembang, Yogyakarta, Bogor, dan Semarang yang berkompetisi di acara tersebut.

Tema ilustrasi dan kompetisi tulisan tangan adalah “The Muted Sense”, visualisasi kekerasan dan keterbatasan warga menengah ke bawah untuk berbicara tentang wawasan pribadi mereka.

Pemenang dari setiap kategori diantaranya:

Illustration
1st place: Gabriella, SMA Kesatuan Bogor
2nd place: Anjeli Elvari, SMAN 34 Jakarta
3rd place: Rana Syarifah, Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah 01 Jakarta

Hand Lettering
1st place: Michelle, SMAK 6 BPK Penabur Jakarta
2nd place: M. Rafli Ramadhani, Sampoerna Academy Jakarta Selatan
3rd place: Arma Maksum Khoirudin, MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Puncak acara ditetapkan pada hari Senin 25 Maret 2018 di Auditorium Charles Himawan, President University. Pertunjukan langsung, seminar dan kompetisi diatur dengan baik oleh mahasiswa VCD setelah kompetisi seni.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari sejumlah besar pengunjung dan juga menarik peserta antusias dari beberapa kota di luar Bekasi dan menerima umpan balik yang bagus dari para penonton.

Kompetisi dan Pameran “ACE” 2018 oleh VCD direncanakan akan menjadi agenda rutin di tahun-tahun berikutnya. ACE akan kembali dengan konsep unik, yang baru saja diinovasi untuk setiap acara tahunan. (PU/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here