Garuda Indonesia Buka Rute Jakarta – Pangkalan Bun

0
401
Foto: garudaindonesia.com

JAKARTA, presidentpost.id – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., maskapai penerbangan layanan penuh, segera melayani penerbangan Jakarta – Pangkalan Bun PP yang akan resmi beroperasi pada Juni 2018.

Direktur Marketing & IT Garuda Indonesia Nina Sulistiyowati mengatakan layanan penerbangan tersebut akan dilayani sebanyak satu kali penerbangan setiap hari. Adapun armada yang digunakan dalam operasi adalah CRJ Bombardier 1000 dengan kapasitas penumpang sebanyak 96 orang.

“Penerbangan rute tersebut merupakan bagian dari komitmen kami dalam memperkuat konektivitas ke wilayah sekunder khususnya Kalimantan Tengah dan terus memperkuat potensi jaringan penerbangan nasional,” ujarnya, Rabu (18/4/2018).

Nina menambahkan operasional rute penerbangan tersebut diharapkan akan semakin memperkuat aspek infrastruktur di wilayah Pangkalan Bun khususnya dalam menunjang potensi pariwisata serta iklim investasi dan industri. Pasar utama rute tersebut adalah kalangan pebisnis dan wisatawan dari Jakarta sebagai pusat perkonomian nasional.

Dia menuturkan sebelumnya Garuda Indonesia telah membuka tiga kali penerbangan setiap minggunya untuk rute Ketapang – Semarang – Pangkalan Bun. Pada layanan penerbangan tersebut, tingkat keterisian penumpang (seat load factor) pesawat mencapai rata rata di atas 80%. Hal tersebut menunjukkan Pangkalan Bun merupakan pasar yang potensial.

Maskapai berkode emiten GIAA tersebut semakin ekspansif membuka rute domestik. Pada 10 Maret 2018, Garuda membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Sorong guna meningkatkan akses pariwisata menuju Indonesia Timur.

Rute penerbangan tersebut melengkapi rute penerbangan Makassar – Sorong, Manado – Sorong dan Ambon – Sorong yang sebelumnya telah dilayani. Penerbangan Jakarta – Sorong PP tersebut dilayani satu kali setiap hari dengan menggunakan pesawat jenis B737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang.

Nina menjelaskan penerbangan dari Jakarta menuju Sorong akan dilayani pesawat GA 682 yang berangkat dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) pada pukul 00.20 WIB dan tiba di Sorong (Bandara Domine Eduard Osok) pada pukul 06.35 WIT.

Kemudian, penerbangan dari Sorong menuju Jakarta bakal menggunakan GA 683 yang akan berangkat dari Sorong pada pukul 07.25 WIT dan tiba di Jakarta pada pukul 08.55 WIB.

Menurutnya, pembukaan rute tersebut akan semakin mempermudah para wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan lokal untuk dapat menjangkau secara langsung kawasan wisata bahari Raja Ampat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah melayani penerbangan ke Sorong melalui beberapa kota di Indonesia yaitu Makassar – Sorong, Manado – Sorong, dan Ambon – Sorong PP yang dilayani setiap hari satu kali dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier CRJ1000NG. (Adrian/TPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here